PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2011-2012)

Eni Sumiati B41110095

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen laba terhadap pengungkapan CSR. Alasan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah belum banyak penelitian yang mengaitkan manajemen laba dengan CSR dan terdapat ketidakkonsistenan hasil yang terjadi pada penelitian-penelitian sebelumnya.

Penelitian ini menggunakan data sekunder dan populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2012. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode pemilihan sampel menggunakan beberapa kriteria tertentu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara manajemen laba dengan pengungkapan CSR. Hal ini konsisten dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Fatayatiningrum (2011) dan Haryudanto (2011) akan tetapi tidak konsisten dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Chih et al. (2008); Prior et al. (2008); Gargouri et al. (2010); Handajani et al. (2010); Sun et al. (2010); dan Arifin dkk (2012).

Kata Kunci: manajemen laba, CSR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.