EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PT. HOK TONG PONTIANAK

Eka Sri Yuniati B51112180

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur akuntansi penggajian dan pengupahan pada PT. Hok Tong Pontianak dan untuk mengetahui apakah sistem penggajian dan pengupahan yang diterapkan oleh perusahaan dapat membantu manajemen dalam pengendalian intern gaji dan upah.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskripif yang menggunakan data primer seperti hasil wawancara dengan pihak peusahaan dan skunder seperti struktur organisasi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kepustakaan. Penelitian ini dilakukan pada Kantor  PT. Hok Tong Pontianak yang berlokasi di Jl. Gusti Situt Machmud no. 16 Pontianak, dan waktu penelitian dimulai pada bulan November sampai dengan selesainya skripsi ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi yang diterapkan PT. Hok Tong Pontianak untuk menangani penggajian dan pengupahan secara keseluruhan sudah cukup memadai untuk membantu manajemen dalam pengendalian intern terhadap gaji dan upah. Namun karena masih terdapat kelemahan – kelemahan maka sebaiknya perusahaan segera memperbaiki agar tidak terjadi penyimpangan dan menghindari kecurangan – kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.