ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN DAN PENJUALAN BBM PADA SPBU NO.64.781.14 PAL V PONTIANAK BARAT

Djunita Permata Indah B41109110

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami efektifitas dan efisiensi sistem pengendalian internal yang dilakukan atas pembelian dan penjualan BBM pada SPBU No.64.781.14. SPBU merupakan sebuah sarana disediakan oleh PT.Pertamina untuk masyarakat luas guna memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak. Dalam kegiatan usahanya, SPBU akan dijalani dalam beberapa bentuk kerja sama, salah satunya adalah sistem CODO ( Company Owned Dealer Operated) yang dilakukan oleh SPBU No.64.781.14. Selama menjalani aktivitas usaha dalam SPBU hanya diawasi oleh pihak perusahaan itu sendiri. Karena itu diperlukan sebuah pengendalian internal untuk menjaga persediaan berupa minyak oleh perusahaan demi keberlangsungan perusahaan tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis memperoleh data dengan melakukan suatu studi kasus pada objek yang diteliti, yaitu SPBU No.64.781.14. teknis analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis : Internal Control Quesionery dan Observasi secara langsung.

Hasil penelitian menunjukkan pengendalian intern terhadap sistem pembelian dan penjualan BBM pada SPBU No.64.781.14 pada SPBU tersebut masih kurang memadai. Dengan tidak adanya struktur organisasi secara tertulis,namun masing-masing bagian telah mengetahui tanggung jawabnya. Juga tidak adanya sistem pengendalian yang memadai dalam mengatur kebijakan-kebijakan  yang berhubungan dengan keuangan baik dari segi penganggaran maupun penyetoran hasil penjualan, dan pengendalian terhadap Losses atau penyusutan BBM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.