PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN JASA YANG TERGABUNG DALAM IDX30

Abdul Aziz Karim B41110059

Abstract


Informasi akuntansi adalah informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dan untuk meningkatkan sistem akuntansi dan pelaporan. Informasi tersebut juga dapat digunkan oleh investor untuk memperoleh informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan berinvestasi. Investor akan bereaksi terhadap semua informasi yang dikeluarkan perusahaan salah satunya informasi mengenai laba perusahaan. koefisien yang mengukur seberapa besar respon pasar modal terhadap informasi-informasi yang disampaikan oleh perusahaan yang tercermin melalui perubahan harga saham disebut earnings response coefficient (ERC).

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh informasi akuntansi terhadap earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur dan jasa. Informasi akuntansi yang digunakan adalah catatan atas laporan keuangan (CALK), profitabilitas, leverage dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure) sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan kausalitas. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan metode analisis regresi linier berganda (Multiple Regression Analysis). Sampel penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan jasa yang tergabung dalam IDX30 selama tahun 2010-2013.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa catatan atas laporan keuangan (CALK) dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap earnings response coefficient (ERC).  Sedangkan profitabilitas dan leverage serta pengungkapan sukarela (voluntary disclosure) yang digunakan sebagai variabel intervening antara profitabilitas dan leverage dengan ERC memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap earnings response coefficient.

Kata kunci : earnings response coefficient, profitabilitas, leverage, pengungkapan sukarela (voluntary disclosure), analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis), variabel penghubung (intervening variable).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.