PERSEPSI ATAS MANFAAT AKUNTANSI DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI PELAKU UKM (USAHA KECIL DAN MENENGAH) TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI

SYAFARIAH B51110075

Abstract


Kontribusi pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) terhadap perekonomian Indonesia memang sangat besar. Bisnis UKM telah terbukti dapat menopang pertumbuhan perekonomian Indonesia. Namun di sisi lain pelaku UKM masih banyak menghadapi masalah, salah satunya dalam mengelola keuangannya terutama terhadap penggunaan informasi akuntansi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi atas manfaat akuntansi dan pengetahuan akuntansi pelaku UKM, dan pengaruhnya terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan sampel sebanyak 32 UKM yang dipilih secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UKM. Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian melalui statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji multikolinearitas) dan uji regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian, persepsi atas manfaat akuntansi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap penggunaan informasi akuntansi. Sedangkan pengetahuan akuntansi tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap penggunaan informasi akuntansi. Secara simultan persepsi atas manfaat akuntansi dan pengetahuan akuntansi berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan penggunaan informasi akuntansi bagi para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di kota Pontianak sebagai pertimbangan dalam mengelola sebuah usaha.

Kata Kunci: Persepsi atas Manfaat Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Penggunaan Informasi Akuntansi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.