ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SOEDARSO PONTIANAK

Dian Herawati B41110136

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami teori dan konsep akuntansi lingkungan yang telah diterapkan dalam suatu Instansi pemerintahan. Penelitian ini mengambil sampel Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Soedarso Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data diambil berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Soedarso Pontianak selama kurang lebih satu bulan.

Secara khusus penelitian ini berfokus pada 3 aspek, yaitu: penerapan akuntansi lingkungan instansi terhadap masalah lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas operasi rumah sakit, pengelolaan lingkungan rumah sakit berdasarkan standar yang berlaku dalam hal ini berpedoman pada ISO 14000 tentang Standar Manajemen Lingkungan dan PSAK 33 tentang Aktivitas Pengupasan Lapisan Tanah dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pada Pertambangan Umum, serta pengakuan dan pelaporan aspek biaya lingkungan pada laporan keuangan instansi.

Hasil dari penelitian menunjukkan tidak terdapat perlakuan khusus dalam pelaporan dan penyajian biaya lingkungan oleh instansi, dan instansi belum membuat Kebijakan khusus terkait AMDAL dalam sistem manajemen lingkungan. Rumah Sakit Umum Dr. Soedarso Pontianak dapat disimpulkan menggunakan model normatif dalam perlakuan biaya lingkungannya yaitu manajemen menggabungkan rekening biaya-biaya yang serumpun menjadi satu pos biaya dan tidak dibuat dalam jurnal khusus tersendiri.

 

Kata kunci: penerapan akuntansi lingkungan, penerapan standar  lingkungan,  penyajian biaya lingkungan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.