ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN MIKRO, KECIL DAN MENENGAH ( SAK EMKM ) SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM ( STUDI KASUS CV. RAHASIA CANTIK GLOBAL )

Intan Lala Safiera

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seperti apa laporan keuangan pada UMKM CV. Rahasia Cantik Global dan menerapkan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM serta kendala UMKM CV. Rahasia Cantik Global dalam proses implementasi SAK EMKM dalam laporan keuangannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan karakteristik masalah yang di angkat oleh peneliti, maka penelitian ini diklarifikasikan sebagai penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyusunan laporan keuangan yang dilakukan oleh UMKM yang ada di CV. Rahasia Cantik Global masih sederhana. Tidak adanya laporan keuangan pada CV. Rahasia Cantik Global, belum mampu menyusun laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) yang berlaku. Dapat dilihat dari bukti pencatatan yang dilakukan oleh CV. Rahasia Cantik Global yaitu hanya mencatat kas masuk dan kas keluar, serta tidak mencatat seluruh aset yang dimiliki. Kendala UMKM CV. Rahasia Cantik Global adalah rendahnya pengetahuan pelaku UMKM CV. Rahasia Cantik Global mengenai standar yang berlaku dalam penyusunan laporan keuangan, belum adanya kewajiban bagi UMKM untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK dan belum adanya tenaga kerja akuntansi yang profesional di CV. Rahasia Cantik Global.
Kata Kunci: Akuntansi, Laporan Keuangan, SAK EMKM, UMKM CV. Rahasia Cantik Global

 

Daftar Pustaka 

Amani, Tatik. 2018. Penerapan SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Di UD Putri Soleha Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan dan Pajak.

Bahri, Syaiful. 2016. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Cetakan Pertama. Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Djuwito dkk. 2017. Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berdasarkan SAK EMKM Di Surabaya

Hans Kartikahadi., dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali Ikatan Akuntan Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta: IAI

Ikatan Akuntansi Indonesia (2012), Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir, 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali. Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

R, Soemarso S. 2013. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat. Samryn, L.M. 2014. Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Sodikin dan Riyono. 2014. Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Suadi, E. 2019. Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (Sak Emkm) Pada UMKM (Studi Pada Sentana Art Wood).

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Sumarsan, Thomas. 2013. Akuntansi Dasar dan Aplikasi Dalam Bisnis. Jakarta: Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2008. Undang-Undang UMKM Jakarta: Sinar Grafika. Undang-Undang RI Nomor 9 Tahun 1995. Undang-Undang Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta: Sinar Grafika.

Warsadi dkk. 2017. Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas, Kecil, Dan Menengah Pada PT. Mama Jaya.SI AK Universitaas Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]