Analisis Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM) Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Emy Catering

Syarifah Liza Putri Sriyati Alkadrie

Abstract


Laporan Keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan bagi setiap pelaku usaha. Dengan hadirnya SAK EMKM diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan dan mengambil sebuah keputusan. Namun dalam UMKM Emy Catering memiliki keterbatasan pengetahuan serta skill dalam menyusun laporan keuangan menggunakan SAK EMKM. Dengan melihat pada permasalahan yang ada, penelitian ini bertujuan menciptakan perancangan penyusunan laporan keuangan UMKM yang sesuai dengan SAK EMKM yang dapat mempermudah pelaku usaha dalam menyajikan laporan keuangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai dasar acuan dari penelitian dengan teori studi kasus menggunakan metode PAR. Hasil penelitian ini menunjukkan pembagian transaksi seperti penjualan secara tunai – kredit dan pembelian yang akan dimasukkan sesuai fungsi dari jurnal yang dibuat dan saling terkoordinasi dengan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM.

Kata kunci: Akuntansi, Laporan Keuangan, SAK EMKM

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Auliyah, lim Ma’rifatul. (2012). “Penerapan Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP pada UKM Kampung Batik Sidoarjo”.

Basrowi. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewata, E., Sari, Y., & Jauhari, H. (2020). Penyusunan Laporan Keuangan Terkomputerisasi Berdasarkan SAK EMKM Pada UMKM Konveksi. Intervensi Komunitas2(1), 11-16.

Donal E, Kieso, dkk. (2008). Akuntansi Intermediate Edisi ke Dua Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Fees, Reeve, Waren. (2005). Pengantar Akuntansi, Jakarta: Salemba Empat.

Hasanah, A. N. H. A. N., & Sukiyaningsih, T. W. S. T. W. (2021). Penerapan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM pada UMKM Rempeyek Bayam Kecamatan Cikeusal. Jurnal Ekonomi Vokasi4(2), 12-26.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Keputusan Presiden RI No. 99 Tahun 1998 tentang Bidang/Jenis Usaha Yang Dicadangkan Untuk Usaha Kecil Dan Bidang/Jenis Usaha Yang Terbuka Untuk Usaha Menengah Atau Usaha Besar Dengan Syarat Kemitraan

Kuswiratmo, A. B. (2016) Memulai Usaha Itu Gampang! Langkah-Langkah Hukum Mendirikan Badan Usaha Hingga Mengelolanya (hlm.148). Jakarta: Visimedia

Lesmana, H. (2021). Penerapan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM Pada UMKM Telur Asin Mujijaya Di Desa Sigambir Brebes. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA)1(2), 105-112.

Mutiah, R. A. (2019). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berbasis SAK EMKM. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 223-229.

Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nuvitasari, A., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM sebagai dasar penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business3(3), 341-347.

Render, Barry dan Jay Heizer. (2005). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rezeki, Aris. (2019). “Analisa Penyusunan Laporan Keuangan Berdasakan SAK EMKM dan Penyusunan Strategi Pengembangan Usaha Pada Rumah Jahit Rita Lolitha”

Sadeli, Lili. 2014. Dasar Dasar Akuntansi. Bumi Aksara, Jakarta.

Sodikin, S.S., & Riyono, B. A. (2014). Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YPKN

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. https://web.iaiglobal.or.id, 13 Agustus 2022 (13.25).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sularsih, H., & Sobir, A. (2019). Penerapan Akuntansi SAK EMKM Dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. JAMSWAP, Vol.4(4).

Sulistyo. (2010). Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dengan Basis Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Malang. 06.

Target Pemerintah 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital pada Tahun 2024. https://kemenkopukm.go.id/, 13 Agustus 2022 (14.11).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Widiastiawati, B., & Hambali, D. (2020). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) Pada UMKM UD Sari Bunga. Journal of Accounting, Finance, and Auditing2(02), 38-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]