PENGARUH DIVIDEND GROWTH, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Julius Samuel

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dividend growth, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Rasio keuangan yang digunakan adalah Dividend Growth, Return On Asset, Log Natural, dan Price to Book Value. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari dokumentasi publik perusahaan yang berupa laporan keuangan perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: uji statitik deskriptif dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan dividend growth berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 

Kata kunci: Dividend Growth, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.


 


References


AA, Ngurah D. Dan Putu V. 2016. Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 5 No.7

Arikunto, S. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budiasih, Igan, 2009. “Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba”. Jurnal Akuntansi Bisnis, Vol. 4 No. 1. Januari.hal: 44-50.

Bursa Efek Indonesia. Website www.idx.co.id

Brigham and Houston, 2010. Fundamentals of Financial Management (edisi 11), Salemba Empat, Jakarta.

Brigham, Eugene. F., & Houston, Joel. F. (2011). Dasar-Dasar Manajemen

Keuangan Terjemahan (Edisi 10). Salemba Empat. Jakarta.

Carroll A. B., 1979, A Three Dimensional Conceptual Model of Corporate Performance, Academy of Management Review, Vol. 4, 4, page 497-505.

Dewi, Putu Riska Amanda dan Putri, I Gusti Ayu Made Asri Dwija. 2017. Pengaruh Kebijakan Dividen pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 21, No. 1, pp. 173-199.

Dompak, P. dan Doli N. 2017. Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist. Vol. 1 No. 1, 32-4

Fahmi, Irham. (2014). Manajemen Keuangan Dan Perusahaan Dan Pasar Modal, Penerbit Mitra Wacana Media.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Jakarta.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitman, Lawrence J. 2006. Principles of Manajerial Finance. International Edition, 10 th edition. Boston: Pearson Education.

Gultom, M. C., dan F. Syarif, 2008, Pengaruh Kebijakan Leverage, Kebijakan Deviden, dan Earning Per Share Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Akuntansi, 47.

Harnum, R. R. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015.

Kamil, G. B. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2019 (Doctoral dissertation, Universitas Tarumanagara).

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2008. Akuntansi Intermediate. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Naser, K., Al-Hussaini, A., Al-Kwari, D., & Nuseibeh, R. 2006. "Determinans of Corporate Social Disclosure in Developing Countries: The Case of Qatar". Advance in International Accounting. 19, 1--23.

Noerirawan, Ronni. 2012. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Vol.1 No. 2. hal. 4.

Nur, A. Sri, H. Dan Alfiatul, M. 2022. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverages. Reslaj. Vol. 4 No. 2

Pearce II, John A. dan Robinson, Jr Richard B. 2008. Manajemen Strategis. Jakarta : Salemba Empat.

Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh kebijakan dividen, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi (Doctoral dissertation, Udayana University).

Pratiwi, I. D. A. I., & Wiksuana, I. G. B. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Property Di Bursa Efek. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(6), 2394.

Pristianingrum, N. (2018). Pengaruh ukuran, profitabilitas, dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. UNEJ e-Proceeding, 353-364.

Pristi, A. H., & Anwar, M. (2022). Analisis Profitabilitas Dan Pertumbuhan Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Nilai Perusahaan. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 31-42.

Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh kebijakan dividen, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Putri, K. A. T., & Mardenia, L. (2019). Pengaruh GCG, CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 14(2), 156-169.

Samuel. (2000). Pentingnya Nilai Perusahaan bagi investor Efek Indonesia. Worlpress.com

Santoso, Singgih, 2000, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. PT.ELEK Media Komputindo. Jakarta

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Cetakan Keempat. BPFE

Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan semb: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta, Jurnal, Universitas Katolik St. Thomas Sumatera Utara, Medan.

Siregar, I. F. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dan Csr Sebagai Pemoderasi (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.

Suharli, Michaell. 2006. Studi Empiris Terhadap Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Go Publik di Indonesia. Jurnal Maksi. 6(1).

Sujoko dan Soebiantoro, Ugy. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi empirik pada perusahaan manufaktur dan non manufaktur di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 9(1):h: 41-48.

Supardi, T. F. (2017). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Sutrisno. (2009). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: Ekonisia.

Tandelilin, Eduardus. 2001. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius.

Tilling, M.V. 2004. Refinement of Legitimacy Theory in Social and Enviromental Accounting. www.google.co.id. Diakses tanggal 7 Mei 2015.

Zuraida, Ida. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Vol. 4 No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]