AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN di DESA NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU

Harisyah Bandianto

Abstract


Proses pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban, dan pengawasan yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan dilaporkan sebagai bahan evaluasi untuk tahun yang akan datang menjadi dasar transparansi dan pengelolaan keuangan desa. dan transparansi pemerintah Desa Nanga Taman Kabupaten Sekadau dalam pengelolaan keuangan berdasarkan Permendagri No 20 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Menganalisis akuntabilitas dan transparansi dengan membandingkan kesesuaian dalam pengelolaan desa dengan Permendagri No. 20 Tahun 2018. Berdasarkan analisis perbandingan kesesuaian pelaksanaan tahapan dalam pengelolaan APBDes di Desa Nanga Taman Kabupaten Sekadau telah menerapkan akuntabel, transparan dan partisipatif telah sesuai dengan pedoman Permendagri No 20 Tahun 2018.

Keywords: Accountability, Transparency, Participation, Management of Regional Budget

 

REFERENCE

 

Adeliya, N. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Jurnal Civic Hukum, 2(2).

Ahrori, A. (2011). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan APBDes (Studi tentang Pola Hubungan Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Pucangsari Kecamatan Purwadadi Kabupaten Pasuruan)(Doctoral Disertation, University of Muhammadiyah Malang).

Alfasadun, Hardiningsih, P., Ratnasari, S. D., & Srimindarti, C. (2018). Transparan dan Akuntabilitas Pengelolaan Desa. Prosiding SENDI_U, ISBN: 978-979-3649-99-3.

Anggriani, N., Iskandar, D., & Nurodin, I. (2019). Penerapan Prinsip Akuntabilitas dan Transparansi Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 2(2), 59-64

Dewi, D. E., & Adi, P. H. (2019). Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Keuangan Dana Desa Terhadap Pembangunan Desa Di Desa Candirejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Edunomika, 3(2).

Donaldson, L., & Davis, J. H. (1991). Stewardship Theory or Agency Theory: CEO Governance and Shareholder returns. Australian Journal of Management, 16(1), 49-64.

Hidayah, M. N., & Sayidah, N. (2019). Akuntabilitas Pemerintah Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Desa Penompo. Jurnal Akuntansi dan Perpajakan, 3(1), 117-124.

Humas Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2022).Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2021 dan Prioritas Pemanfaatan Dana Desa tahun 2022- Diakses dari http://setkab.go.id/pemanfaataan-dana-desa-tahun-2021-dan-prioritas-pemanfaatan-dana-desa-tahun-2022/

Iznillah, M., Hasan, A., & Mutia, Y. (2018). Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Di Kecamatan Bengkalis. Jurnal Akuntansi (Media Riset Akuntansi & Keuangan), 7(1).

 Jumari, E. R., Wahyudi, A., & Jibrail, A. (2022). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa Langam Kecamatan Lopok Kabupaten Sumbawa. Jurnal AkunManajemen Ekonomi dan Bisnis, 3(2).

Kanter, M., Lengkong, F., & Tulusan, F. (2021). Transparansi Pengelolaan Anggaran Penerimaan dan Belanja Desa Di Desa Amongena III Kecamatan Langowan Timur Kabupaten Minahasa. Jurnal Akuntansi (Media Riset Akuntansi & Keuangan), 7(1).

Karlinayani, S., Ningsih, E. S. (2018). Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Studi Pada Alokasi Dana Desa Di Kabupaten Gayo Lues). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 3(2), 309-316.

Kurniawati, Y (2021). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Pembangunan Di Desa (Studi Kasus Di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak)(Doctoral Disertation, Universitas Semarang).

Laksmi, A. C. (2015). Continuing Profesional Development for The Auditing Profession: Evidence From Indonesia (Doctor Of Phylosophy Thesis), RMIT University.

Mokalu, E. E., Gosal, R., Sampe, S. (2018). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Keuangan Desa Sisingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolang Mongondow. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 71(1).

Nurcahya, D. (2021). Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Desa Mangkonjaya Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(9), 1519-1534.

Pemerintah Kabupaten Sekadau-Kecamatan Nanga Taman. Sejarah Desa Nanga Taman.Diakses dari http://kecnangataman.sekadaukab.go.id/tentang/sejarah/

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018

Raba, M. (2020). Akuntabilitas Konsep dan Implementasi. UMMPress

Ristiana, O. (2019). Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Pada Desa Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal (Doctoral Disertation, Politeknik Harapan Bersama).

Rizal, Fitri, S. A., & Rantika, D. (2018). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2016. Jurnal Al-Iqtishad, 14(1).

Saputra, D. N., Sopanah, A., & Hasan, K. (2021). Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Di Desa Dengkol (Studi Kasus Pada Desa Dengkol Kecamatan Singosari Kabupaten Malang). Proceeding Of National Conference On Accounting & Finance, 3.

Suaparno, L. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Di Desa kampung Baru Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar (Doctoral Disertation, Universits Muhammadiyah Makasar).

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sujarweni. V. W. (2015). Akuntansi Desa Panduan Tata Kelola Keuangan Desa. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarto, S.S. (2021). Akuntabilitas Dana Desa – Diakses dari https://www.bpkp.go.id/jateng/konten/3544/AKUNTABILITAS-DANA-DESA

Supadmi, N. L., & Saputra, D. G. (2018). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Sistem Pelaporan Keuangan Pada Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 13(2).

Tunay, M. R., Ahuluheluw, N., & Temalangi, S. (2021). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Pada Desa Marafenfen Kecamatan Aru Selatan, The 2nd Widyagama National Conference On Economics and Business (WNCEB 2021).

Utami, C. A.  (2019). Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa Di Kampung Buatan II Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak)(Doctoral Disertation, Universitas Islam Riau).

Wahyu (2018). Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa Dalam  Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Borong Pa’La’La Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa)(Doctoral Disertation, Universitas Muhammadiyah Makasar).

Wardani, P. P (2021). Akuntabilitas dan Transparansi Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Kademangan Kabupaten Jombang)(Doctoral Disertation, Universitas Brawijaya).

Widiyanti, A. (2017). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa: Studi Pada Desa Kandung Di Kecamatan Winongant Kabupaten Pasuruan (Doctoral Disertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]