PENGARUH KARAKTERISTIK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TINGKAT PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Gevin Dwi Avista B41110057

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dari Good Corporate Governance (GCG) yang dapat mempengaruhi pengungkapan tanggung  jawab sosial perusahaan (CSR) pada Laporan Tahunan dari perusahaan-perusahaan sektor keuangan. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ukuran Dewan Komisaris, Independensi Dewan Komisaris, Frekuensi rapat Dewan Komisaris, Ukuran Komite audit, Independensi Komite Audit, Frekuensi rapat Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan dan Rasio Leverage.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan sektor keuangan khususnya sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terdaftar pada tahun 2012. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel data. Total perusahaan adalah 30 perusahaan sektor perbankan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari perusahaan sektor perbankan di Indonesia adalah Frekuensi rapat Dewan Komisaris.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Karakteristik GCG, Dewan Komisaris dan Komite Audit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.