PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EARNING PER SHARE PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2010-2012)

Meilinda B41109127

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah dewan komisaris, jumlah komisaris independen, jumlah komite audit, julah rapat dewan komisaris, jumlah rapat komite audit dan kepemilikan institusional terhadap earning per share (EPS) pada perusahaan property dan real estate yang listing di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 45 perusahaan property dan real estate yang listing di BEI dari 2010-2012. Dengan teknik purposive sampling, jumlah sampel yang didapat adalah 15 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan jumlah dewan komisaris,jumlah komisaris independen, jumlah komite audit, jumlah rapat dewan komisaris, jumlah rapat komite audit dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap earning per share (EPS). Hasil t-test menunjukkan bahwa secara parsial jumlah komite audit berpengaruh secara signifikan terhadap earning per share (EPS). Jumlah dewan komisaris, jumlah komisaris independen, jumlah rapat dewan komisaris, jumlah rapat komite audit dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap earning per share (EPS).

 

Kata Kunci : Jumlah Dewan Komisaris, Jumlah Komisaris Independen, Jumlah Komite Audit, Jumlah Rapat Dewan Komisaris, Jumlah Rapat Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Earning Per Share (EPS)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.