Analisis Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Risiko Kredit Pada Perusahaan Pengkreditan Non-Perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012

OKTAVIANUS NAKES B51110049

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan Good Coporate Governance terhadap risiko kredit pada perusahaan pengkreditan non-perbankan di bursa efek Indonesia. Pengukuran Good Corporate Governance dalam penelitian ini diproksikan oleh proporsi kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen, komite audit.

Penelitian ini didesain sebagai suatu studi empiris. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan pengkreditan non-perbankan yang tercatat di bursa efek Indonesia tahun 2010-2012. Sampel penelitian dipilih berdasarkan metode purposive sampling, total perusahaan yang dijadikan sampel adalah 10 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi berganda dengan variabel dependen adalah risiko kredit yang diproksikan oleh perhitungan gearing ratio dan variabel independen adalah proporsi kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen, komite audit.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel proporsi kepemilikan institusional berpengaruh positif yang signifikan terhadap risiko kredit. Proporsi dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap risiko kredit. Keberadaan komite audit berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap risiko kredit.

Kata kunci : risiko kredit, penerapan good corporate governacne.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.