Analisis Kesesuaian Perlakuan Akuntansi Pembiayaan Mudharabah Dengan PSAK 105 Pada BMT Putra Arta Syariah Cabang Pontianak

SETIADI WIJAYA B41109009

Abstract


Sebagai salah satu lembaga keuangan mikro syariah, sudah seharusnya BMT menjadikan PSAK syariah sebagai pedoman dalam pelaksanaan perlakuan akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan akad mudharabah dan penerapan PSAK 105 pada BMT Putra Arta Syariah cabang Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan data primer yaitu dengan wawancara secara langsung pada obyek penelitian dan data sekunder yaitu dengan buku-buku,data-data dan laporan-laporan yang berhubungan dengan obyek penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa perlakuan akuntansi mudharabah yang diterapkan  oleh BMT Putra Arta Syariah belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK 105. Ketidaksesuaian terdapat pada karakteristik, pengakuan, dan penyajian, sedangkan kesesuaian ada pada pengukuran dan pengungkapan mudharabah. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyarankan agar BMT Putra Arta Syariah dapat menerapkan PSAK 105 secara penuh dan selalu mengikuti setiap revisi yang dilakukan oleh IAI selaku organisasi yang mengatur standar akuntansi keuangan di Indonesia.

 

 

Kata Kunci : BMT, Mudharabah, PSAK 105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.