AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDES) DI DESA SUNGAI RAYA DALAM KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Syahrivan .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Desa Sungai Raya Dalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data skunder sebagai sumber data. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan APBDes di Desa Sungai Raya Dalam sudah menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi. Tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penatausahaan sudah dilakukan dengan baik. Pada tahap pelaporan dan pertanggungjawaban telah dibuktikan dengan adanya laporan pertanggungjawaban realisasi APBDes sudah disampaikan kepada masyarakat, BPD, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat yang dilakukan secara priodik.

Kata Kunci: Akuntabilitas, Transparansi, APBDes

 

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Afiah, N. N., Mulyani, S., & Alfian, A. (2020). Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual pada Entitas Akuntansi. Jakarta: Prenada Media.

Febrianto, R., & Mujiyati. (2022). Peran Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, X, 267-280.

Hantono, Inuzula, L., Husain, S. A., Widiasmara, A., Dhany, U. R., Sululing, S., Muchlis, S. (2021). Akuntansi Sektor Publik. Bandung: Media Sains Indonesia.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Hasanah, N., & Fauzi, A. (2017). Akuntansi Pemerintahan. Bogor: In Media.

Ilmiah, D. F., Wijayanti, A., & Siddi, P. (2020). AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DI KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI. JEQU, X, 91-102.

Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (2021) Standar Akuntansi Pemerintahan

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Mudhofar, M. (2022). Analisis Implementasi Good Governance Pada Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, X, 21-30.

Muhtar, Hamidi, N., & Susanti, D. A. (2022). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Dalam Mendorong Kemajuan Pemerintah Desa. Jurnal BUDIMAS, IV, 46-53.

Nugraha, I., Vestikowati, E., & Juliarso, A. (2022). Pelaksanaan Sistem Informasi Desa Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Unigal Respository, II, 1823-1837.

Peraturan Bupati Kubu Raya Nomor 100 tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa Tahun Anggaran 2021

Peraturan Desa Sungai Raya Dalam No.4 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Desa Sungai Raya Dalam Nomor 2 Tahun 2021 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Sungai Raya Dalam Tahun Anggaran 2021

Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Prayitno, G., Wicaksono, A. D., Subagiyo, A., Dinanti, D., Rahmawati, Auliyah, A., & Wardani, L. E. (2022). Perencanaan Desa Terpadu. Malang: UB Media.

Ramadanis, & Ahyaruddin, M. (2019). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES). Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, IX, 110-118.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Rusdiana, A., & Nasihudin. (2018). Akuntabilitas Kinerja Penelitian. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.

Sahrullah, Istiqamah, Q., & Wahyuni, A. R. (2020). Transparansi dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Desa. Uniqbu Journal of Social Sciences, I, 96-104.

Sangkala. (2022). Responsivitas dan Akuntabilitas Organisasi Publik Teori dan Implementasi. Makassar: Unhas Press.

Saputra, D. N., Sopanah, A., & Hasan, K. (2021). Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) di Desa Dengkol. Proceeding of National Conference On Accounting & Finance, III, 238-252.

Sutisna, S. A., & Widyawati , D. (2022). Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi Pada Desa Jabaran Kecamatan Balongbendo). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, XI, 1-21.

Swasanany, W. T. (2019). Akuntabilitas Kinerja. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Warren, C., Reeve, J. M., Duchac, J. E., Sohardianto, N., Kalanjati, D. S., Jusuf, A. A., & Djakman, C. D. (2014). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Yuesti, A., Dewi, N. L., & Pramesti, I. G. (2020). Akuntansi Sektor Publik. Denpasar: CV. Noah Aletheia

Website

https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/25283/t/Pengelolaan+Dana+Desa+Masih+Bermasalah (Diakses Juni 2022)

https://www.sungairayadalam.desakkr.id/menu/tentang (Diakses Juni 2022)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]