Analisis Economic Value Added dan Market Value Added Sektor Industri Kosmetik Pada Bursa Efek Indonesia

Theadara Primadewi B41108055

Abstract


Economic Value Added ( EVA ) merupakan estimasi laba ekonomi usaha yang sebenarnya untuk tahun tertentu dan sangat jauh berbeda dari laba bersih akuntansi, di mana laba akuntansi tidak dikurangi  dengan biaya ekuitas, dalam perhitungan Economic Value Added (EVA) biaya ini akan dikeluarkan. Sedangkan Market Value Added (MVA ) adalah perbedaan antara nilai pasar ekuitas suatu perusahaan dengan nilai buku seperti yang telah disajikan dalam neraca, nilai pasar dihitung dengan mengalikan harga saham dengan jumlah saham yang beredar.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan masing-masing perusahaan yang menjadi objek penelitian selama tahun 2009-2011 dengan melihat hasil yang dapat diciptakan oleh perusahaan bagi para penyandang dana dan bagi perusahaan itu sendiri dengan menggunakan metode pengukuran Economic Value Added (EVA ) dan Market Value Added (MVA ) dan mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai EVA dan MVA yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian perusahaan sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI ) . Penelitian berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan penulis terhadap keempat perusahaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia menunjukan apabila nilai EVA dan MVA yang positif dapat mencerminkan perusahaan  telah mampu menghasilkan tingkat pengembalian yang melebihi tingkat modal para penyandang dana. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini,beberapa perusahaan menghasilkan nilai EVA dan MVA yang positif.

Kata kunci : EVA dan MVA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.