PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

INDARCI B41110051

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan batubara di Indonesia. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Dari 17 perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, hanya 11 perusahaan yang memenuhi kriteria.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dan profitabilitas secara simultan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Uji F sebesar 0,106 yang lebih besar dari tingkat signifikansi (α) sebesar 0,01. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi berganda didapatkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak bepengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan koefisien dari variabel CSR sebesar 0,339. Sedangkan profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan koefisien dari variabel return on equity sebesar 0,041.

 

Kata kunci : CSR, profitabilitas, nilai perusahaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.