ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Livia B41109036

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan good corporate governance dan struktur kepemilikan terhadap kinerja perusahaan. Good corporate governance yang dimaksud terdiri atas empat variabel yaitu ukuran dewan komisaris, ukuran komisaris independen, ukuran komite audit dan ukuran dewan direksi sedangkan struktur kepemilikan terdiri atas dua variabel yaitu proporsi kepemilikan manajemen dan proporsi kepemilkan institusional. Kinerja perusahaan diukur menggunakan Tobins Q.

Dalam penelitian ini dirumuskan tujuh hipotesis yang dibangun berdasarkan hubungan antara good corporate governance, struktur kepemilikan dan kinerja perusahaan. Penelitian ini mengambil 27 sampel perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 berdasarkan metode purposive sampling.

Hipotesis diuji dengan metode analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, ukuran komisaris independen, ukuran komite audit, proporsi kepemilikan manajemen dan proporsi kepemilikan institusional tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sebaliknya, ukuran dewan direksi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Selain itu, diperoleh juga kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh penerapan good corporate governance dan struktur kepemilikan terhadap kinerja perusahaan perbankan milik negara dan perusahaan perbankan milik swasta di Indonesia.

Kata kunci : good corporate governance, struktur kepemilikan dan kinerja perusahaan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.