ANALISIS PREDIKSI TINGKAT KESEHATAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN PERTAMA, ALTMAN REVISI DAN ALTMAN MODIFIKASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2012

Rosanty B41110104

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkat kesehatan 10 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI. Teknik analisis yang digunakan adalah model Altman Pertama (Z-score) yang terdiri dari 5 variabel yaitu Net Working Capital to Total Assets, Retained Earnings to Total Assets, Earning Before Interest and Tax to Total Assets, Market Value of Equity to Book Value of Liabilities, dan Sales to Total Assets, Altman Revisi (Z-score) yang terdiri dari 5 variabel yang sama dengan Altman Pertama (Z-Score) kecuali variabel ke-4nya yang direvisi menjadi Book Value of Equity to Book Value of Total Debt dan Altman Modifikasi (Z-score) yang terdiri dari 4 variabel yang sama dengan Altman revisi, hanya saja variabel Sales to Total Assets dieliminasi. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, maka didapat pengklasifikasian 10 perusahaan pertambangan. Dengan menggunakan model Altman Pertama (Z-score), terdapat 7 perusahaan yang diprediksi tidak sehat, 3 perusahaan yang berada di gray area dan tidak ada perusahaan yang diklasifikasi sehat pada tahun 2010. Pada tahun 2011, perusahaan yang diprediksi tidak sehat sebanyak 6 perusahaan, yang berada di gray area sebanyak 1 perusahaan, dan perusahaan yang diprediksi sehat sebanyak 3 perusahaan. Pada tahun 2012, sebanyak 4 perusahaan yang tidak sehat, yang berada di gray area sebanyak 2 perusahaan, dan perusahaan yang sehat sebanyak 4 perusahaan.

Dengan menggunakan model Altman Revisi (Z-score), pada tahun 2010 perusahaan tidak sehat sebanyak 7 perusahaan, perusahaan yang berada di gray area sebanyak 3 perusahaan dan perusahaan yang sehat tidak ada. Pada tahun 2011, perusahaan yang diprediksi tidak sehat sebanyak 5 perusahaan, perusahaan yang diprediksi berada di gray area sebanyak 5 perusahaan, dan perusahaan yang diprediksi sehat tidak ada. Pada tahun 2012, terdapat sebanyak 4 perusahaan yang tidak sehat, 5 perusahaan yang berada di gray area, dan 1 perusahaan yang sehat. Dengan menggunakan model Altman Modifikasi (Z-score), pada tahun 2010 perusahaan yang tidak sehat sebanyak 3 perusahaan, perusahaan yang berada di gray area sebanyak 3 perusahaan, dan perusahaan yang sehat sebanyak 4 perusahaan. Pada tahun 2011, perusahaan yang diprediksi tidak sehat adalah sebanyak 3 perusahaan, perusahaan yang diprediksi berada di gray area sebanyak 4 perusahaan dan perusahaan yang diprediksi sehat sebanyak 3 perusahaan. Pada tahun 2012, terdapat sebanyak 2 perusahaan yang tidak sehat, 3 perusahaan yang berada di gray area, dan 5 perusahaan yang sehat.

Kata kunci: Tingkat kesehatan, Altman Pertama, Altman Revisi dan Altman Modifikasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.