ANALISIS mekanisme PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SAMBAS

Nurul Aini B41107103

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penyaluran, penggunaan, dan pelaporan dana Bantuan Operasional sekolah (BOS) pada SMP Negeri 3 Sambas. Program BOS adalah upaya untuk meningkatkan akses masyarakat khususnya siswa dari keluarga miskin terhadap pendidikan yang berkualitas dalam rangka penuntasan wajib belajar sembilan tahun. . Namun dalam pengelolaannya masih terdapat beberapa kendala yang ditemukan, yaitu terjadi keterlambatan antara jadwal penyaluran dan realisasinya serta keefektifan penggunaan dana BOS.

Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sambas. Analisis yang digunakan adalah Analisis Flowchart dengan memaparkan proses dan mekanisme penyaluran dana BOS, yang terdiri dari: alur pengiriman data jumlah siswa, alur alokasi dan seleksi, dan alur penyaluran dana BOS, dan analisa Internal Control Quesioner daftar pertanyaan yang disusun untuk mengetahui pengelolaan dana BOS.

Hasil penelitian dari hasil Internal Control Quesioner dengan responden Pengelola Dana BOS dan penerima manfaat dana BOS yaitu guru, tenaga kependidikan, dan siswa diketahui bahwa pengendalian intern yang terdapat dalam sistem pengelolaan dana BOS pada SMP Negeri 3 Sambas sudah efektif dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Implikasi dari penelitian ini adalah agar Pengelola dan pengguna dana BOS dapat bersama-sama mengawasi, dan mentaati tata tertib penyaluran maupun penggunaan dana BOS agar lebih bermanfaat dan lebih transparan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.