ANALISIS LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH SEBAGAI MEKANISME PERTANGGUNGJAWABAN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PADA KECAMATAN PONTIANAK TIMUR

Hendra Pranata B41109055

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah pada Kecamatan Pontianak Timur dengan Inpres No. 7 Tahun 1999, serta bagaimana peranan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah sebagai mekanisme pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan daerah pada Kecamatan Pontianak Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan studi kasus. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara serta evaluasi terhadap Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan mengacu pada Inpres No. 7 Tahun 1999 serta peraturan dan ketetapan yang ada.

Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan Laporan Akuntabilitas di Kecamatan Pontianak Timur telah sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Dengan adanya pelaksanaan Laporan Akuntabilitas berarti suatu instansi telah mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya yang diatur berdasarkan keputusan dan peraturan yang ada.

Kata kunci : Laporan Akuntabilitas, Inpres No. 7 tahun 1999, Kecamatan Pontianak Timur, Kinerja

Refbacks

  • There are currently no refbacks.