ANALISIS PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KEBIJAKAN MANAJEMEN DALAM HAL PEMBAGIAN DIVIDEN KAS (Studi kasus pada perusahaan sektor industri kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

BIMA RICAHYANTO B51109015

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh informasi akuntansi terhadap kebijakan manajemen dalam hal pembagian dividen kas pada perusahaan sektor industri kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Informasi akuntansi tersebut dalam bentuk rasio keuangan yang digunakan sebagai variabel independen yaitu, Current Ratio (CR), Net Profit Margin(NPM), Earning Per Share (EPS), Return On Investment (ROI), sedangkan variabel dependen adalah Kebijakan Dividen yang diukur menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR).

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif terhadap laporan keuangan selama periode 2011 2012. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 perusahaan selama dua tahun periode penelitian yang didapatkan dengan menggunakan metode Purposive Sampling.

Berdasarkan hasil pengujian statistik secara parsial (Uji t) diketahui dari masing-masing variabel independen hanya Current Ratio (CR) dan Earning Per Share (EPS) yang berpengaruh tetapi tidak signifikan sedangkan Net Profit Margin (NPM) dan Return On Investment (ROI) tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Sedangkan secara simultan (Uji F) diketahui secara bersama-sama variabel independen memberikan pengaruh serta signifikan terhadap variabel dependen.

Kata Kunci: Informasi Akuntansi,Current Ratio (CR), Net Profit Margin(NPM), Earning Per Share (EPS), Return On Investment (ROI), Kebijakan Dividen Dividend Payout Ratio(DPR).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.