SISTEM DAN PROSEDUR PIUTANG DAGANG PADA PT. DUNIA JAYA MOTOR PONTIANAK

AGUNG SATRIA NURISKA B51109020

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang sistem dan prosedur piutang dagang pada PT. Dunia Jaya Motor Pontianak, di mana penulis langsung kelapangan untuk memperoleh data-data yang ada dalam rangka mempelajari sistem dan prosedur dalam penjualan secara kredit berdasarkan fakta yang ada atau sebagaimana adanya.

Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi dan wawancara, data yang dikumpulkan dianalisis dengan data primer dan sekunder, sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu analisis struktur organisasi, analisis flowchart, analisis compliance test, dan analisis kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjualan motor secara kredit pada PT. Dunia Jaya Motor Pontianak masih ada sedikit kekurangan karena kurangnya ketelitian dalam mengevaluasi calon konsumen.

Simpulan yang dihasilkan adalah sistem dan prosedur piutang dagang pada PT. Dunia Jaya Motor Pontianak sudah cukup baik tapi masih terdapat sedikit kekurangan pada prosedur penjualan secara kredit karena dengan kurangnya ketelitian dalam mengevaluasi calon konsumen, syarat-syarat kredit bisa menjadi tidak lengkap dan tidak sesuai sehingga dapat menyebabkan kemacetan pada pembayaran konsumen tiap bulannya disebabkan konsumen yang tidak mampu membayar angsuran.

Kata Kunci: Sistem, Prosedur, Piutang dagang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.