Pengaruh Kesadaran dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Wajib Pajak di KPP Mempawah)

Meili Wiryani

Abstract


Kepatuhan wajib pajak merupakan suatu keadaan di mana wajib pajak memenuhi semua kewajiban perpajakan dan melaksanakan hak perpajakannya. Untuk meningkatkan kepatuhan tersebut diperlukan rasa kesadaran wajib pajak akan kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi. Selain itu, pengetahuan perpajakan juga berperan dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Kesadaran dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak KPP Mempawah). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak yang terdaftar pada KPP Mempawah. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik Sampling Insidental sebanyak 60 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan analisis regresi dengan bantuan software SPSS 20 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, (2) Pengetahuan Wajib Pajak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak.

 

DAFTAR PUSTAKA

Brata, J. D., Yuningsih, I., & Kesuma, A. I. (2017, November). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas di Kota Samarinda. In Forum Ekonomi (Vol. 19, No. 1, pp. 69-81).

Erwanda, M. A., Agustin, H., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Penerapan E-Filing Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Biaya Kepatuhan Sebagai Variabel Moderasi. JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI, 1(3), 1510-1517.

Fitria, D. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(1), 30-M 44.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, A. V., Sabijono, H., & Pontoh, W. (2017). Peran Motivasi dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada WPOP Kecamatan Malalayang Kota Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Hermanta. (2020). Realisasi Penerimaan Pajak DJP Kalbar Lampaui Target Penerimaan 2020. Diperoleh dari https://rri.co.id/pontianak/ekonomi/954100/realisasi-penerimaan-pajak-djp-kalbar-lampui-target-penerimaan-2020?utm_source=terbaru_widget&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Ivancevic, J.M., et.al. (2006). Organizational Behavior and Management. New York. McGraw-hill Education. Terjemahan oleh G.Gania. Perilaku Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Kesumasari, N. K. I., & Suardana, K. A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran dan Pengetahuan Tax Amnesty Pada Kepatuhan WPOP di KPP Pratama Gianyar. E-Jurnal Akuntansi, 22(2), 1503-1529.

Lestari, I., & Adi, S. W. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Marianto, H. D. Pengaruh Kesadaran dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada Tenaga Pendidik dan Kependidikan FISIP Universitas Jember).

Prakoso, A., Wicaksono, G., Iswono, S., Puspita, Y., Bidhari, S. C., & Kusumaningrum, N. D. (2019). Pengaruh Kesadaran Dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.

Resmi, S. (2019). Perpajakan Teori dan Kasus Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]