Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Consumer Non Cyclicals di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Jepri Andolintua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen. Objek penelitian ini adalah perusahaan consumer non cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari sitis resmi Bursa Efek Indonesai www.idx.co.id. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 29 sampel perusahaan.

Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi linear berganda dengan alat uji SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan, serta profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan.

 

Daftar Pustaka

Agustino, N. W., & Dewi, S. K. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana Volume 8.

Alam, Zahangir dan Hossain, Mohammad Emdad. 2012. Dividend Policy: A Comparative Study of UK and Bangladesh Based Companies. Journal of Business and Management, 1(1): pp: 57-67.

Aryani, Z. I., & Fitria, A. (2020). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi Volume 9.

Asnawi, S.K. & Wijaya, C. 2005, Riset Keuangan : Pengujian-pengujian Empiris. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Brigham dan Gapenski, 2006, Manajemen Keuangan. Jakarta : Erlangga.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Dhumawati, A. M., Trisnadewi, A. E., & Manuaba, M. P. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Firm Size, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa Volume 2, 98-103.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Universitas Diponegoro.

Ginting, S. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen. JWEM STIE MIKROSKIL Volume 8.

Gumanti, Tatang Ary. (2013). Kebijakan Dividen:Teori, Empiris, dan Implikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hartono, J. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan PengalamanPengalaman (6 ed.). Yogyakarta: BPFE.

 

Helfert, E.A. 1997. Teknik analisis Keuangan. Penerjemah Herman Wibowo. Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Herdianta, & Ardiati, A. Y. (n.d.). Pengaruh Return On Asset, Debt To Equity Ratio, Free Cash Flow, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pembayaran Dividen. MODUS Volume 32, 110-126.

Lubis, P. W. (2017). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen.

Machfoedz, Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Mudzakar, M. K. (2019). Analisis Porfitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen.

Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Volume 3, 1-9.

Murhadi, W. R. (2013). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Nur , T. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Firm Siza Sebagai Pemoderasi. ESENSI Volume 21.

Puspitaningtyas, Z., Prakoso, A., & Masruroh, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Likuiditas Sebagai Pemoderasi. Jurnal Administrasi Dan Bisnis Volume 9.

Putri, C. A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Growth, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen.

Safrida, E. (2014). Profitabilitas Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan Volume 2, 289-299.

Sari , N. P., & Suryantini, N. P. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Tingkat Pertumbuhan Terhadap Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana Volume 8.

Sudana, I. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan (Edisi Kedua ed.). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuliza , S., & Fahyani, R. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Return On Equity Terhadap Kebijakan DIviden. Jurnal Benefita Volume 4, 78-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]