Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi pada Bengkel Karya Usaha)

Suci Aisyah

Abstract


Salah satu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin hari semakin pesan adalah kebutuhan akan informasi laporan keuangan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pemegang peran penting dalam penggerak perekonomian bangsa dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Oleh karena itu, pentingnya penyusunan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah yang dapat bermanfaat bagi pemakai informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini ditujukan untuk Bengkel Karya Usaha yang belum menerapkan SAK EMKM dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh pihak Bengkel Karya Usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyusunan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) belum diterapkan pada UMKM Bengkel Karya Usaha. Kendala yang dihadapi pihak Bengkel Karya Usaha dalam penyusunan laporan keuangan yaitu kurangnya pengetahuan tentang akuntansi, tidak adanya SDM yang memiliki pengetahuan akuntansi, , tidak adanya pengawasan dari pihak pemerintah, tidak adanya sosialisasi tentang akuntansi dan tidak adanya kepentingan kepada pihak ketiga atau bank.

 

Kata Kunci: Laporan Keuangan, SAK EMKM, UMKM


DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

Diba, F., & Marini, M. (2020, November). Penerapan Laporan Keuangan Berbasis Excel   pada   Bengkel   Las   Bina   Logam.   In PROSEDING   SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI (Vol. 3, No. 1).

 

Isnayanti, R. PENERAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS SAK EMKM (studi Kasus UMKM Galery Stand Fasya).

Undang-undang Republik Indonesia N0.20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

 

Mangopa, S., Tuli, H., & Mahmud, M. (2020). Analisis Penerapan SAK-EMKM Persediaan    Pada    Usaha    Mikro    &    Kecil    Sektor    Ritel    Barang Harian. Jambura Accounting Review, 1(2), 70-83.

 

Mutiah, R. A. (2019). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berbasis  SAK  EMKM. International  Journal  of  Social  Science  and Business, 3(3), 223-229.

 

Ningtyas, J. D. A., Si, M., & Pusmanu, P. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM)(Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan). Riset & Jurnal Akuntansi, 2(1), 11-17.

 

NurLaila, N. (2018). Penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan  menengah  pada  Sukma  Cipta  Ceramic  Dinoyo  Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

 

Qamar, A. N. ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH (EMKM) PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Kasus UMKM Penguin Laundry and Dry Cleaning).

 

Shonhadji, N., & Djuwito, D. (2017, October). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berdasarkan Sak Emkm Di Surabaya.      In Seminar      Nasional      Hasil      Pengabdian      Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 130-136).

 

Uno, O. O., Kalangi, L., & Pusung, R. J. (2019). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Studi Kasus pada Rumah Karawo di  Kota Gorontalo). Jurnal  EMBA: Jurnal  Riset  Ekonomi,  Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

 

Warsadi, K. A., Herawati, N. T., Ak, S. E., & Julianto, I. P. (2018). Penerapan penyusunan laporan keuangan pada usaha kecil menengah berbasis standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah pada PT. mama jaya. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Halim, V. F. IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH PADA UMKM MINI MARKET SANGAT MANIS. Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)8(2).

Laporan Posisi Keuangan  berdasarkan SAK EMKM yang terdapat pada (https://www.harmony.co.id/wp-content/uploads/2020/10/image-2.png?is-pending-load=1)

Laporan Laba Rugi berdasarkan SAK EMKM yang terdapat pada (https://www.harmony.co.id/wp-content/uploads/2020/10/image-3.png)

Catatan Atas Laporan Keuangan yang diambil dari Ikatan Akuntan Indonesia yang termuat dalam (https://online.fliphtml5.com/yvjk/uiyi/files/large/52.jpg)



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]