Analisis Pengaruh Tingkat Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2020

Miranda Ramadani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh diantara tingkat leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur subsektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji        analisis regresi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 sampel yang terdiri dari 14 perusahaan manufaktur subsektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tingkat leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR karena perusahaan dengan tingkat leverage yang tinggi cenderung mengungkapkan CSR yang lebih luas. Secara parsial ukuran perusahaan tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, karena dengan ukuran skala yang besar perusahaan lebih memprioritaskan urusan perusahaannya saja. Secara parsial profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, karena manajemen perusahaan lebih tertarik untuk memfokuskan pada pengungkapan informasi keuangan saja. Secara parsial ukuran dewan komisaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, karena dengan banyaknya jumlah anggota dewan komisaris dalam suatu perusahaan maka pengawasan yang dilakukan akan semakin efektif. Secara simultan tingkat leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan ukuran dewan komisaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR).

 

DAFTAR PUSTAKA

Ayuningtyas, Dwi. 2013. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan:     Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Antara.       Jurnal.STIESIA. Surabaya.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Jakarta:    Erlangga.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 5.        Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21.        Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23.        Semarang: BPFE Univeristas Diponegoro.

Guci, Nanda Fatimah. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Leverage, Ukuran    Dewan Komisaris, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate         Social Responsibility (CSR) Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa         Efek Indonesia (BEI). Skripsi, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2017.

Handayani, Isra. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan     Jumlah Anggota Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social         Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Skripsi, Medan: Universitas      Sumatera Utara, 2019.

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT            Raja. Grafindo Persada.

Hayati, Rina. 2019. “Pengertian Metode Pengumpulan Data, Jenis, dan Cara          Menulisnya” https://penelitianilmiah.com/metode-pengumpulan-data/ (diakses pada tanggal 18 September 2021).

Heckston, D. and M. J. Milne. 1996. Some Determinants of Social and Environmenta       Disclousures in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and         Accountability Journal, 9(1), 77-108.

Irhami, Wahyuni dan Nur Diana. 2020. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran   Perusahaan, Kinerja Keuangan, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada   Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-          2018). E-JRA 09(10).

Iriani, Siti Amalia. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe       Industri Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi         Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2014-2018). Skripsi,   Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2021.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behavior,         Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3(4),           305-360.

Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di    Indonesia. PT Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, P., & Nance, L. 2005. Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good      for Your Company and Your Cause. John Wiley & Sons Inc.

Lako, Andreas. 2010. Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis &            Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Miftah, Desrir dan Zainal Arifin. 2013. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan,      Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social             Responsibility). Jurnal Al-Iqtishad, 9(1).

Munawir. 2014. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Permatasari, H. D. 2014. Pengaruh Leverage Tipe Industri, Ukuran Perusahaan Dan       Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). 1-56.

Purnasiwi, Jayanti. Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage Terhadap             Pengungkapan CSR pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.

Rofiqkoh, Esti dan Maswar Patuh Priyadi. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage,           dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial          Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(10).

S., Siti Mediawaty. Pengaruh Profitabilitas, Size, dan Tingkat Leverage Terhadap CSR    Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverage yang Terdaftar di           Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. Skripsi, Palembang: Universitas         Tridinanti, 2020.

Santoso, Budi. Analisis Pengaruh Manajemen Laba, Profitabilitas, Leverage         Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris             Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia          Tahun 2013-2015. Skripsi, Jember: Universitas Muhammadiyah Jember, 2016.

Saputri, Dwi. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate        Social Responsibility (CSR) (Sudi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang     Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Skripsi, Magelang:          Universitas Muhammadiyah Magelang, 2019.

Saripudin. Pengaruh Size Perusahaan, Profitabilitas, Tipe Industri, dan Ukuran    Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility        (Studi Empiris pada Perusahaan Industri di Bursa Efek Indonesia tahun 2009).           Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2011.

Sembiring. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial:           Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta.    Simposium Nasional Akuntansi, Solo: 2005.

Setianingrum, V.A.K. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap             Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Leverage     Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur:        Basic Industry And Chemicals yang terdaftar di BEI periode 2016–2018).             Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2020.

Setyanti, Ifka Ary. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris,       Kepemilikan Institusional, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap          Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan     Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2016.      Skripsi, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryana. 2010. Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan   Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.

Winarno, Wing. Wahyu. 2011. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Program      EViews. Edisi 3. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Yanti, N.L.E.K., I Dewa M.E., dan Gusti A.A.P. 2021. Pengaruh Ukuran Perusahaan,       Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Leverage, dan           Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Kahrisma, 3(1).


Keywords


Tingkat Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]