Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal terhadap Harga Saham pada Industri Pariwisata dan Rekreasi yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2020

Dinda Mediyanti

Abstract


ABSTRAK

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah terkait pengaruh profitabilitas dan struktur modal terhadap harga saham. Populasi penelitian ini sebanyak 44 perusahaan pariwisata dan rekreasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh data sebanyak 17 perusahaan sampel untuk 3 tahun pengamatan, sehingga jumlah data penelitian ini sebanyak 51. Data yang diperoleh berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Teknik penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif (ex post factor).

Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE) dan struktur modal yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, sedangkan Earnings Per Share (EPS) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Hasil penelitian secara simultan ROE, EPS, dan DER berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Persamaan Regresi Linier berganda penelitian ini adalah Harga Saham = 262.712 + 14.228ROE + 0.179EPS + 5.420DER + . Saran dari penelitian ini adalah menambah proksi dari profabilitas dan struktur modal, menambah periode penelitian, dan menambah variabel yang belum ada pada penelitian ini.

 

Kata kunci: Harga Saham, Return on Equity, Earnings Per Share, Debt to Equity Ratio.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]