ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN BERKELANJUTAN (SUSTAINABILITY REPORTING) PADA PERUSAHAAN LOGAM DAN KIMIA YANG LISTING DI BEI

Nurhayati B41109083

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh debt to asset ratio, gross profit margin dan operating profit margin terhadap laporan berkelanjutan (Sustainability Reporting) pada perusahaan logam dan kimia yang terdaftar di BEI secara simultan dan parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah empiris yang menggunakan data sekunder yang diambil dari Bursa Efek Indonesia berupa laporan keuangan tahunan yang listing tahun 2010-2012. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian berdasarkan analisis dengan menggunakan regresi linier berganda yaitu dengan uji F secara simultan atau bersama-sama variabel independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel Debt to Asset Ratio (DAR) dan Operating Profit Margin (OPM) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pelaporan Berkelanjutan (Sustainability Reporting) sedangkan hasil analisis variabel Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh signifikan terhadap Pelaporan Berkelanjutan (Sustainability Reporting) dengan arah yang negatif.

Kata kunci: Debt to Asset Ratio (DAR), Operating Profit Margin (OPM, Gross Profit Margin (GPM), Pelaporan Berkelanjutan (Sustainability Reporting).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.