ANALISIS PROSEDUR PENGAKUAN DAN PENGUKURAN PENDAPATAN DALAM LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN PSAK NO. 36 PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG PONTIANAK

Novan Suriza B41109078

Abstract


Asuransi jiwa memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis usaha lainnya sehingga transaksi asuransi dan perlakuan akuntansi pada perusahaan asuransi menjadi khas. Oleh karena itu, sebagai pedoman dalam pelaksanaan asuransi jiwa maka ditetapkan standar khusus yang mengatur asuransi jiwa yaitu Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 36 tentang pengakuan dan pengukuran pendapatan.

Penelitian ini dilakukan pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Pontianak dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengakuan dan pengukuran pendapatan serta penyajiannya dalam laporan keuangan serta apa kendala yang dihadapi perusahaan dalam pengakuan dan pengukuran pendapatan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, studi dokumenter, studi pustaka dam kuisioner. Teknik analisis data meliputi metode deskriptif dan metode komparatif dengan PSAK No. 36 dan hasil kuisioner sebagai alat analisis.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa prinsip pengakuan pendapatan perusahaan telah hampir sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 36 dimana pendapatan utama perusahaan bersumber dari pendapatan premi, hasil investasi dan pendapatan lain. Pengakuan pendapatan atas premi dilakukan secara akrual yakni pada saat terjadinya, bukan pada saat kas atau setara kas diterima. Pengukuran atas nilai yang harus diakui adalah sebesar nilai wajar imbalan yang diterima, yang ditentukan atas persetujuan kedua belah pihak, yakni perusahaan dan pemakai jasa. Untuk penyajian laporan keuangan, laporan laba rugi disajikan secara single step yang juga telah sesuai dengan PSAK No. 36. Secara teknis perusahaan tidak menghadapi kendala dalam pengakuan dan pengukuran pendapatan. Kendala yang saat ini dihadapi adalah terkait dengan perubahan standar pelaporan dari standar akuntansi keuangan yang sering mengalami pembaharuan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.