Analisis Internal Control Pada Credit Union Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak

Marsella Yunita B51107102

Abstract


Analisis Internal Control Pada Credit Union Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak adalah judul yang di angkat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan pemberian dan pengembalian kredit, serta sistem internal control yang dapat menyebabkan kelalaian dalam pengembalian piutang dan pengendalian kredit kurang efektif pada Credit Union Keluarga Kudus.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Untuk memudahkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik komunikasi langsung (interview), teknik komunikasi tidak langsung, teknik observasi langsung, studi dokumenter dan studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis rasio kelalaian (delinquency ratio) dan teknik analisa kuisioner.

Dari hasil analisa yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum sistem internal control yang dilaksanakan oleh Credit Union Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak sudah efektif hanya saja masih terdapat beberapa kelemahan pada bagian intern seperti adanya penempatan bagian manajemen dan kepengurusan yang tidak tepat.

Berdasarkan kelemahan-kelemahan tersebut, penulis menyarankan agar pengurus maupun komite kredit harus lebih bijaksana dan memperhatikan pola kebijakan (POLJAK) dalam menyetujui permohonan kredit dengan memperhatikan kemampuan anggotanya dan untuk menghindari lebih besarnya tingkat resiko dikemudian hari maka sebaiknya penempatan pengurus harus sesuai dengan kemampuannya.

Kata Kunci: Koperasi Kredit, Pengendalian Kredit, Internal Control

Refbacks

  • There are currently no refbacks.