PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, PENGAWASAN FUNGSIONAL, AKUNTABILITAS PUBLIK TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH (STUDI EMPIRS PADA SKPD DI KABUPATEN MEMPAWAH)

Widya Ramadhanty

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengendalian internal, pengawasan fungsional dan akuntabilitas publik terhadap kinerja pemerintah (Studi empiris pada SKPD di Kabupaten Mempawah). Penelitian ini dibutuhkan sebanyak 195 pegawai SKPD di lingkungan Kabupaten Mempawah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Pengendalian Internal (X1) terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Pengawasan Fungsional (X2) terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Akuntabilitas Publik (X3) terhadap Kinerja Pemerintah Daerah.

 

DAFTAR PUSTAKA
Arja Sadjiarto. (2014). Akuntabilitas Dan Pengukuran Kinerja Pemerintahan. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi.Univ. Kristen Petra.
Baswir, Revrisond. (2005). AkuntansiPemerintahan Indonesia. Jogjakarta: BPFE.
Halim, Abdul. (2004). Akuntansi Sektor PublikAkuntansi Keuangan Daerah, Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat
Mahsun, Mohamad. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.
Mardiasmo. 2004. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Mustafa, Bob dan Halim, Abdul. (2008). Pengukuran Kinerja Dispenda Prov.Kalimantan Barat. FEB UGM Yogyakarta & Univ. Negeri Pontianak.
Nordiawan, Deddi, (2008). Akuntansi Sektor Publik. Salemba Empat: Jakarta.
Nurcholis, Hanif. (2005). Teori dan Praktek Pemerintahan dan Otonomi Daerah.Grasindo: Jakarta.
Pangestika, Fierda (2016). “Pengaruh Pengendalian Internal, Good Governance dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Putra, Hendra G. (2014). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, & Partisipasi Publik Terhadap Kinerja Organisasi Layanan Publik (studi empiris pada badan penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu kabupaten pasaman barat). FE Jurusan Akuntansi Univ. NegeriPadang.
Putra, W. (2018). Analisis Pengaruh Pengawasan Fungsional, Akuntabilitas Publik Dan Peningkatan Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada SKPD di Provinsi Jambi). Jurnal Akuntansi dan Pajak, 18(2), 181-187. Universitas Jambi.
Yulia Petra Harvianda, R. Adri Satriawan Surya, dan Nur Azlina (2014). “Pengaruh Pengawasan Fungsional dan Akuntabilitas terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Jurnal JOMFEKON. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Vol. 1 No. 2. Riau.

 


Keywords


pengendalian internal, pengawasan fungsional, akuntabilitas publik dan kinerja pemerintah daerah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.