Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) Pada Toko Bangunan Bukit Sumber Alam

Patricia Fantania

Abstract


Satu-satunya pelaku ekonomi yang tetap bertahan dan terus berkembang hingga saat ini adalah UMKM. Namun, sering ditemui kendala pada UMKM yaitu sulitnya menyusun laporan keuangan karena standar yang begitu kompleks. Sehingga, DSAK IAI menetapkan standar yang lebih sederhana untuk dapat memenuhi kebutuhan dan mendukung kemajuan UMKM, yaitu berupa SAK EMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Toko Bangunan Bukit Sumber Alam dalam penerapan SAK EMKM pada penyusunan laporan keuangan.

Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, sumber data yang diperoleh adalah berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan atau library search.

Hasil penelitian ini adalah UMKM Toko Bangunan Bukit Sumber Alam dalam pencatatan dan penyusunan laporan keuangannya belum berdasarkan SAK EMKM. Metode yang diterapkan dalam penyusunan laporan keuangan masih tidak jelas dan tidak beraturan. Serta pencatatan pembukuan yang dilakukan masih belum lengkap. Dalam pembuatan laporan keuangan terdapat kendala-kendala yang menyebabkan UMKM belum dapat menerapkan SAK EMKM pada penyusunan laporan keuangannya, antara lain adalah tidak memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai SAK EMKM dan kurangnya sumber daya manusia yang memiliki kompentensi dalam pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Belum dilakukannya pemisahan antara keuangan pribadi pemilik dan keuangan UMKM sehingga cukup sulit untuk menelusuri transaksi pribadi dan transaksi usaha. Selain itu, kurangnya peran pemerintah dan instansi yang terkait untuk sosialisasi ataupun pemberian pelatihan mengenai penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM bagi UMKM.

Kata Kunci: Laporan Keuangan, UMKM, SAK EMKM

 

 

DAFTAR PUSTAKA 

Adam, H. (2015). Accounting Principle Melalui Pendekatan Sistem Informasi. Bandung: Universitas Kebangsaan Republik Indonesia.

Amani, T. (2018). Penerapan SAK-EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus di UD Dua Putri Solehah Probolinggo). Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan dan Pajak, 12-20.

Badria, N., & Diana, N. (2018). Persepsi Pelaku UMKM dan Sosialisasi SAK EMKM Terhadap Diberlakukannya Laporan Keuangan yang Berbasis SAK EMKM 1 Januari 2018 (Studi Kasus Pelaku UMKM Se-Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 55-66.

Christy, T. (2017). Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ARS Fashion Pontianak (Skripsi yang tidak dipublikasikan). Universitas Tanjungpura, Indonesia.

Diana, N. (2018). Financial Accounting Standards for Micro, Small & Medium Entities (SAK EMKM) Implementation and Factors That Affect It. Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen (JEMA), 134-143.

Dikadana, C. (2019). Penerapan SAK EMKM Pada Pelaporan Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (Studi Kasus Pada Calista Music Academy Palembang) (Skripsi). Universitas Sriwijaya, Indonesia.

Hasan, A., & Gusnardi. (2018). Prospek Implementasi Standar Akuntansi: Entitas Mikro, Kecil dan Menengah Berbasis Kualitas Laporan Keuangan yang Berlaku Efektif Per 1 Januari 2018. Bandung: The Sadari Institute.

Hariyani, D.S. (2015). Pengantar Akuntansi 1 (Teori & Praktik). Malang: Aditya Media Publishing.

IAI. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Indiantoro, N., & Supomo, B. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Juniati, & Fahmi, M. (2017). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Toko Batu Pal 4 Pontianak). Jurnal Audit dan

Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (JAAKFE), 89-131.

Jusuf, A. H. (2011). Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1 Edisi 7. Yogyakarta: STIE YKPN.

Kartomo & Sudarman, La. (2019). Dasar-Dasar Akuntansi. Sleman: Deepublish Publisher.

Kurniawansyah, D. (2016). Penerapan Pencatatan Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada UMKM Desa Gembongsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Jurnal UNEJ, 832-841.

Lestari, E. P. (2019). Kesiapan UMKM Dalam Implementasi SAK EMKM Pengrajin Mebel DesaCatak Gayam, Mojowarno. Jurnal Online STIE PGRI Dewantara, 24-33.

Lestari, R. D. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) Pada Ema Salon. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Indonesia.

Muawanah, U., & Poernawati, F. (2008). Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Nuvitasari, A., Citra, N., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 341-347.

Pratama, A. (2014). Rancangan Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) (Studi Kasus Pada Konveksi As-Shaqi Pamulang) (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Indonesia.

Rahadiansyah, R. (2018). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) Pada UMKM Keripik Tempe Rohani Sanan Kota Malang (Skripsi). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Indonesia.

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Lembar Negara RI Tahun 2008, Sekretariat Negara, Jakarta.

Satria, Ilham. (2016). Akuntansi Keuangan 1. Aceh: Universitas Malikussaleh.

Sholikin, A., & Setiawan, A. (2018). Kesiapan UMKM Terhadap Implementasi SAK EMKM (Studi UMKM Di Kabupaten Blora). Journal of Islamic Finance and Accounting, 36-50.

Ulfah, I. F. (2016). Akuntansi Untuk UMKM. Surakarta: CV. Kekata Group.

Wardayati, S. M. (2016). Pengantar Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang & Koperasi. Malang: Selaras Media Kreasindo.

Wilantara, R.F., & Indrawan, Rully. (2016). Strategi dan Kebijakan Pengembangan UMKM. Bandung: Susilawati.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.