ANALISIS KESIAPAN PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN PP 24 TAHUN 2005 DAN PP 71 TAHUN 2010 (Studi Kasus Pada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat)

Rurin Pratiwi B41110060

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pada penyajian laporan keuangan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang telah menerapkan PP 24 Tahun 2005 dan akan menerapkan PP 71 tahun 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, studi kepustakaan dan wawancara mendalam dengan Pimpinan dan Pegawai bidang Akuntansi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan dalam penerapan akuntansi basis akrual baik dari kemungkinan masalah yang timbul, tantangan yang dihadapi serta penyajian laporan keuangan pada pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sudah dilakukan dengan baik. Hal tersebut didukung oleh komitmen pimpinan dengan mengikutsertakan staf dalam sosialisasi dan Bimbingan Teknis terkait akuntansi akrual, penyiapan peraturan dan kebijakan akuntansi akrual serta pengaplikasian Tekhnologi Informasi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Kata kunci: Standar Akuntansi Pemerintah, Basis akrual, kesiapan Pemerintah Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.