Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri 26 Sintang Kabupaten Sintang

SYARIFAH LATIFAH FAHIRA

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri 26 Sintang Kabupaten Sintang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian pada penelitian ini berupa pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analisis dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman dan analisis dokumen. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan belanja dana BOS SD Negeri 26 Sintang telah sesuai dengan Juknis BOS dengan dilakukannya penyusunan RKAS dengan melibatkan Kepala Sekolah, bendahara, komite sekolah dan para guru, (2) pelaksanaan belanja dana BOS di SD Negeri 26 Sintang berdasarkan RKAS dan sesuai dengan peraturan pengelolaan dana BOS yaitu dengan menerima penyaluran dana BOS dalam 3 (tiga) tahapan, dan (3) pertanggungjawaban belanja dana BOS di SD Negeri 26 Sintang melalui laporan yang disusun oleh bendahara sekolah serta adanya pengawasan yang dilakukan pihak sekolah dan pengawas terkait pengelolaan dana BOS yang ada di Kabupaten Sintang.

 

Kata Kunci: pengelolaan, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)


References


DAFTAR PUSTAKA

---------, 1945. Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 Ayat 1. Republik Indonesia, Jakarta.

---------, 1945. Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 Ayat 4. Republik Indonesia, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Manajemen Keuangan. Materi Pelatihan Terpadu untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama.

---------, 2017. Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS. Jakarta.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. 2017. Pedoman Penulisan Karya Akhir. Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Hadjar, Ibnu. 2008. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Halik, Abdul dkk. 2018. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2017 di SMA Islam Dempo Timur Pasean Pamekasan. E-JRA, 07(08). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Kafomay, Bethsaba S.M.R Vigowati. 2020. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Peningkatan Pelayanan Pendidikan di SMA Negeri 4 Jayapura. Jurnal Kajian Ekonomi & Keuangan Daerah., 5(2), 125-150.

Lubis, Muhammad Alisar. 2017. Analisis Pengelolaan Dana BOS di MA Darul Hadits Hutabaringin Kec. Siabu Kab. Mandailing Natal. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Maharani, Kezia Dian. 2018. Audit Internal pada Pengelolaan Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus di SD Negeri 3 Jaten Karanganyar). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.

Melati, Tiwik. 2017. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SDN Papringan 02 Kaliwungu Semarang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Milles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press. Hlm 16.

Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Nomor 8 Tahun 2020. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 101 tentang Tahun 2013 tentang Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2014. Nomor 76 Tahun 2014. Jakarta.

Permas, Ida Bagus Made Sutra Isvara dkk. 2017. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Negeri 2 Bengkala yang Menerapkan Sistem Pendidikan Inklusi). e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, 8(2).

Pontoh, Julianti dkk. 2017. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Satuan Pendidikan Dasar di Kota Kotamobagu. Thesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

Putri, Dea Novarina. 2019. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SD Negeri 3 Gajah Mati Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Republik Indonesia. 2003. Undangundang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 tentang Pendanaan Pendidikan.

----------, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Satori, Djam’an, & Komariah, Aan. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Setiawan, Zaki. 2017. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 6 Surakarta. Thesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudirman. 2019. Pengelolaan Program Bantuan Operasional Sekolah di SMA Negeri 3 Bantaeng.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodah. 2013. Metodeolagi pendidikan. Bandung: Rosda.

Sulistian, Lilis dkk. 2017. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMP Negeri 1 Langara Kabupaten Konawe Kepulauan. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), e-ISSN: 2502-325X.

Utama, Nindita dkk. 2014. Pelaksanaan Pengawasan Inspektorat Terhadap Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi di Inspektorat Kabupaten Pamekasan). Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Widyatmoko, Subkhi. 2017.Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD N Kemasan I Surakarta. Thesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.