PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, DAN BASIS KEPEMILIKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Olivia Putri Serima

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas dan basis kepemilikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan manufaktur sub-sektor industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 – 2019. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 39 perusahaan dengan metode analisis data berupa uji statistik deskriptif, tes asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel dependen, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah ukuran perusahaan, likuiditas, dan basis kepemilikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari ukuran perusahaan variabel dan basis kepemilikan pada tanggung jawab sosial perusahaan. Sementara, likuiditas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

 

REFERENCES

Almiyanti, V. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Basis Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Sosial Responsibility) Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, 1-18.

Andhika. (2020, October 19). Daftar Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di BEI.

Arthana, R. (2009). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks LQ 45 Bursa Saham Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Fian. (2020, Agustus 31). Teknik Purposive Sampling Serta Contohnya. Pp. 1-3.

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Handayati, P. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan: Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tergolong High Profile Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 159-169.

Hapsoro, D., & Sulistyarini, R. (2019). The Effect of Profitability And Liquidity on CSR Disclosure And Its Implication To Economic Consequences. The Indonesian Accounting Review Vol. 9, No. 2, 143-154.

Iai. (Rev. 2009). Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (Psak). Jakarta: Salemba Empat.

Mangoting, Y. (2007). Biaya Tanggung Jawab Sosial Sebagai Tax Benefit. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Vol. 9, No. 1, 35-42.

Mardikanto, T. (2018). Corporate Social Responsibility. Bandung: Alfabeta.

Nasution, A. H., Erlina, & Tamizi, H. (2018). An Analysis On The Influence Of Profitability, Firm Size, Liquidity, And Leverage On The Expression Of Firm's Social Responsibility In Banking Companies Listed In BEI (Indonesian Stock Exchange). International Journal Of Research And Review, 1-14.

Oh, W., Chang, Y., & Martynov, A. (2011). The Effect Of Ownership Structure On Corporate Social Responsibility: Empirical Evidence From Korea. Springer Science Business Media B. V., 1-16.

Premana, A. B. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Pada Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Undip.

Ghozali, Imam (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Purba, I. A., & Candradewi, M. R. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 9, 2019 : 5372-5400, 1-29.

Putri, R. K. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leveragre, Likuiditas, Dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan. Faculty Of Economics, Riau University, Pekanbaru, Indonesia, 1-14.

Rongiyati, S. (2009). Aspek Hukum Pengaturan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas. Kajian (Vol 14, No. 2), 209-238.

Santioso, L., & Chandra, E. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, Dan Dewan Komisaris Independen Dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Vol. 14, No. 1, 17-30.

Santoso, S. (2012). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Gramedia.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swandari, F., & Sadikin, A. (2016). The Effect Of Ownership Structure, Profitability, Leverage And Firm Size On Csr. Binus Business Review, 7(3), 315-320.

Widiastuti, H., Utami, E. R., & Handoko, R. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Growth, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 1-11.

Widyatmoko, R. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Undip.

Wilangga, I. D., Saebani, A., & Wijayanti, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, 1-13.

Zaenuddin, A. (2007). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Praktek Pengungkapan Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Go Publik. Universitas Diponegoro, 1-16.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.