Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak

Muhammad Fahmi Rasyid

Abstract


Tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dinyatakan dengan seberapa mengerti seorang mahasiswa terhadap apa yang sudah dipelajari dalam konteks ini mengacu pada mata kuliah akuntansi. Tanda seorang mahasiswa memahami akuntansi tidak hanya ditunjukkan dari nilai-nilai yang didapatkannya dalam mata kuliah tetapi juga apabila mahasiswa tersebut mengerti dan dapat menguasai konsep-konsep yang terkait. Oleh karena itu pendidikan tinggi akuntansi bertanggungjawab mengembangkan keterampilan mahasiswanya untuk tidak hanya memiliki kemampuan lain yang diperlukan untuk berkarir di lingkungan yang selalu berubah dan ketat persaingannya. Akuntansi merupakan suatu sistem untuk menghasilkan informasi keuangan yang digunakan para pemakainya dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Tujuan informasi tersebut adalah memberikan petunjuk dalam memilih tindakan yang paling baik untuk mengalokasikan sumberdaya yang langka pada aktivitas bisnis dan ekonomi. Namun pemilihan dan penetapan suatu keputusan bisnis juga melibatkan aspek-aspek keperilakuan dari para pengambil keputusan. Dengan demikian, akuntansi tidak dapat dilepaskan dari aspek perilaku manusia serta kebutuhan organisasi akan informasi yang dapat dihasilkan oleh akuntansi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak. Adapun jumlah sampel yang digunakan di dalam penelitian ini berjumlah 73 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) Kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak, (2) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak dan (3) Kecerdasan intelektual dan Kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak.

Keywords


Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Tingkat Pemahaman Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Abraham, R. 2003. Emotional intelligence in the workplace: A review.

Adi, Emmanuel Nugraha Pratama, 2013, “Pengaruh Posisi dan Kinerja Keuangan serta Tata Kelola Perusahaan Terhadap Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan : Studi Empiris Pada Emiten Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”, Skripsi (tidak dipublikasikan), Program Sarjana Universitas Katolik Soegijapranata.

Ali, Hasan. (2008). Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo.

Allen, N.J. and Mayer J.P. (2009). The Measurement and Antecendents of Affective, Continuance and Normative Commitment to The Organization, Journal of Occupational Psychology. Vol.63. No.1. pp. 1-18.

Anggraita, Viska, 2012. Dampak Penerapan PSAK 50/55 (Revisi 2006) Terhadap Manajemen Laba di Perbankan. SNA : 15,107-SIPE-51.

Anita E. Woolfok. (1995). Educational Pshychology. USA: Allyn and Bacon.

Arie Pangestu Dwijayanti. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN”. Jakarta.

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Axelrod, A. (2003). Patton Leadership. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Azwar. 2004. Intellectual Intelligence. Yogyakarta.

Baridwan, Zaki (2004), Intermediate Accounting “Pengantar Akuntansi”, Buku 2.

Chaplin, James P. 1975. A Dictionary of Psychology. New York : A Laurel Edition.

Dakir. 2008. Dasar-dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Edisi 21, Salemba Empat. Jakarta.

Dian Khaerani dan R. Ery Wibowo Agung S. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi”. Jurnal MAKSIMUM Vol. 4, No. 1, September 2013-Februari 2014.

Effendy, Onong, Uchjana. 1984.. Ilmu,Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ely Suhayati dan Sri Dewi Anggadini 2009, Akuntansi keuangan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung.

Erna Mustafa. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Berdasarkan Gender Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Pada Perguruan Tinggi di Kota Makassar)”.

Enggar Tri Permata Dewi, Khusnatul Zulfa Wafirotin dan Arif Hartono. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating”.

Firdha Febriyani. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Profita Edisi 4 Tahun 2017.

Gardner, Howard. 2003. Kecerdasan Majemuk. (Terjemahan Drs. Alexander Sindoro). Batam Centre: Interaksara.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, Daniel .(2015). Kecerdasan Emosional Pemimpin Tranformasional.

Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel.2001.Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi (terjemahkan oleh Widodo). Jakarta: PT. Gramedia.

Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Gujarati, Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.

Hongren, Charles T. & Gary L. Sundem. 1993. Introduction to Management Accounting, 9th Edition. Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, New Jersey.

Hurlock, Elizabeth, (1996), Psikologi Perkembangan Suatu Kehidupan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE. Interpratama Mandiri.

Jonker, L., & Abraham P, G. (2009). Resilience factors in families living with people with mental illnesses. Journal of Community Psychology, 37(7):859-873.

Jonker, Catharina S. 2009. The effect of an emotional intelligence development programme on accountans. Journal of Human Resource Management, 7 (1); 180-189.

Kartono, K. 1985. Kesehatan Mental. Bandung: Alumni.

Khafid, Muhammad., Suroso. 2014. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi.”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No. 2.

Khuzaimah, Nurul (2015). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Mahasiswa.” SKRIPSI. Universitas Hasanuddin.

http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/13346 diakses pada tanggal 20 Oktober 2016.

Lynn, G., Darlene bay, and Beth Visser. 2011. Emotional Intelligence : The Role of Accounting Education and Work Experience. Journal American Accounting Association, 26 (2); 12-

Mahmudi, M. H & Suroso. (2014). Efikasi diri, Dukungan Sosial, Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 3, No. 02, hal 183 – 194.

Melandy dan Aziza. (2006). “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”.

Mursyidi.2010. Akuntansi Biaya; Conventional Costing, Just In Time, dan Activity-Based Costing Bandung: PT Refika Aditama.

Murni Asih. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Akuntansi Angkatan Tahun 2011 di Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surahkarta)”.

Narimawati, Umi. (2010) Metodologi Penelitian : Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta : Genesis.

Ni Kadek Ayu Rusmiani, 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi”.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.20.2. Issn: 2302-8556.

Ni Wayan Resna Wardani dan Ni Made Dwi Ratnadi. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.20.2. Agustus (2017): 959-985.

Patton, Patricia. (2000). EQ-Kecerdasan emosional Membangun Hubungan Jalan Menuju Kebahagiaan dan Kesejahteraan. Jakarta : PT. Pustaka Delaprasata.

Patton, Patricia. (2002). EQ-Kecerdasan emosional Membangun Hubungan Jalan Menuju Kebahagiaan dan Kesejahteraan. Jakarta : PT. Pustaka Delaprasata.

R. Schulze, and R. Roberts. Cambridge, MA: Hogrefe and Huber.

Rosenthal, A.J. (1999). Food Texture, Measurement and Perception. Aspen Publishers. Maryland.

Siregar, Syofian. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar

Soeparwoto dkk. 2004. Psikologi Perkembangan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Spearman, C. (1939). Thurstone's work re-worked. Journal of Educational Psychology, 30(1),

-16.

Spearman, Charles. 1904. "General Intelligence," Objectively Determined and Measured. American Journal of Psychology 15, 201-293.

Sualdiman. 2006. Tujuan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistami, R dan Mahdi E.M. 2006. Universal Inteligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suliyanto. 2011. “Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS”. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Suwardjono. 1999. Teori Akuntansi: Pengungkapan dan Sarana Interpretatif. Edisi Ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Suwardjono. 2005. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Synthesis. In Emotional Intelligence: An International Handbook, edited by Yusuf M. (2014). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Prenada Media Group. Jakarta.

Zakiah, Farah. 2013. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2009 di Universitas Jember). Skripsi. Jember : Universitas Jember


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]