ANALISIS KEBIJAKAN PENERAPAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP PADA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN PONTIANAK

Heru Adhitya Ndun B51109105

Abstract


Seperti yang sudah diketahui masyarakat, pada tahun 2008 laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pontianak mengalami suatu opini disclaimare oleh BPK. Opini ini disebabkan oleh berbagai hal, yang salah satunya mengenai masalah penyajian aktiva tetap yang belum sesuai dengan SAP No. 07. Dari uraian diatas maka penulis berkeinginan untuk melakukan analisis terhadap penerapan akuntansi aktiva tetap yang telah dilaporkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pontianak dengan melakukan penelitian yang berjudul Analisis Penerapan Kebijakan Akuntansi Aktiva Tetap Pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pontianak.

Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah Metode Deskriptif, yaitu penelitian yang berdasarkan fakta-fakta atau data saat ini dari suatu populasi dan bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan objek Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Pontianak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observassi,

wawancara, studi pustaka dan studi dokumenter.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kebijakan akuntansi Pemerintahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pontianak pada dasarnya telah mengacu pada Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 07, namun demikian dalam pelaksanaannya kebijakan akuntansi tersebut belum sepenuhnya diterapkan karena bellum diterapkannya penyusutan terhadap aktiva tetap. Selain itu, dari hasil evaluasi sistem pengendalian intern atas aktiva tetap pada Pemerintah Daerah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pontianak belum memadai, ini ditunjukkan dari Internal Control Questioner yang menghasilkan jawaban ya sebesar 58,33% dan jawaban tidak sebesar 41,67%.

Adapun saran-saran yang akan penulis berikan adalah Pemerintah daerah harus lebih memberikan gambaran yang jelas tentang peraturan yang digunakan dalam menerapkan kebijakan terhadap aktiva tetap agar tidak jadi keraguan bagi pengguna informasi laporan keuangan tersebut. Selain itu, Adanya perbaikan sistem pengendalian intern dan peningkatan kualitas unit kerja yang nantinya akan berdampak positif bagi perbaikan inventarisasi, penilaian dan pengamanan aktiva tetap pada Pemerintah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pontianak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]