ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN KEPMEN BUMN KEP-100/MBU/2002 PADA PT. SEMEN INDONESIA TBK.

SISWANTO B41108024

Abstract


PT Semen Indonesia (Persero) Tbk(dahuluPT Semen Gresik (Persero) Tbk) adalah pabriksemen yang terbesar diIndonesia. Pada tanggal20 Desember 2012, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk resmi berganti nama dari sebelumnya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk..

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan diukur dari Kepmen BUMN Kep-100/MBU/2002. Selain itu juga Untuk mengetahui kinerja PT. Semen Indonesia Tbk berdasarkan Good Corporate Governance (GCG) perusahaan.

Bentuk Penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kasus dengan memusatkan objek penelitian pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menjelaskan secara sistematis data keuangan yang ada, selanjutnya dilakukan analisis terhadap data tersebut serta menjelaskan bagaimana hasil dari analisis tersebut dapat digunakan untuk menentukan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Semen Indonesia tahun 2009-2011. Metode analisis yang digunakan berdasarkan KEP-100/MBU/2002 untuk menilai aspek keuangan perusahaan. Berdasarkan analisis data keuangan PT Semen Indonesia berada pada kondisi yang baik. Secara umum, enam dari delapan indikator berada pada skor maksimal yaitu return on equity (ROE), return on investment (ROI), rasio kas, rasio lancar, collection periods, dan perputaran persediaan. Dua indikator lain mengalami perubahan setiap tahunnya yaitu rasio total asset turn over (TATO) dan juga total modal sendiri terhadap total akttiva perusahaan namun masih berada dalam kondisi yang baik. Dari perhitungan GCG yang dilakukan oleh BPKP perwakilan Jatim, GCG perusahaan menunjukan hasil yang baik.

Kata kunci : kinerja keuangan, KEP-100/MBU/2002, Good Corporate Governance.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]