ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH BERDASARKAN PSAK NO.102 PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH KALBAR MADANI

Ima Nisa Nasution B41109050

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara perlakuan akuntansi murabahah pada KJKS-KM dengan PSAK No.102. Saat ini, begitu banyak jenis pembiayaan syariah yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan non bank kepada masyarakat menengah sebagai target pasar, salah satu jenisnya yaitu pembiayaan murabahah dengan tingkat skim pembiayaan tertinggi, karena diyakini akan kehalalan dan kepastian dalam setiap proses transaksinya dan diatur dalam PSAK No.102 tentang Perlakuan Akuntansi Murabahah. Kesesuaian pada PSAK No.102 dapat dilihat dari perlakuan akuntansi murabahah, digambarkan melalui proses akad murabahah, karakteristik murabahah, pengakuan dan pengukuran serta penyajian dan pengungkapan yang dilakukan oleh KJKS-KM.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu cara dalam menggambarkan keadaan objek berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara serta alat analisis yang digunakan berupa PSAK No.102 dan Kuisioner. Objek dari penelitian ini adalah Koperasi Jasa Keuangan Syariah Kalbar Madani.

Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi murabahah pada KJKS-KM sebesar 60,7 % telah diterapkan dengan baik sesuai dengan PSAK No.102, sedangkan 39,3 % menyatakan bahwa KJKS-KM tidak sesuai dengan PSAK No.102.

Kata Kunci : Perlakuan Akuntansi, Pembiayaan Murabahah, PSAK No.102.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]