PENGARUH TAX AMNESTY DAN KUALITAS PELAYANAN ACCOUNT REPRESENTATIVE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI PEMODERASI

Desi Yusrina Rahmawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tax amnesty dan kualitas pelayanan account representative terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan preferensi risiko sebagai pemoderasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pertanyaan tertulis berupa kuesioner kepada responden. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Singkawang. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang diperoleh ada sebanyak 100 wajib pajak. teknik analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS) menggunakan perangkat lunak WarpPls 6.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa tax amnesty berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kualitas pelayanan account representative berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Preferensi risiko memperlemah hubungan pada tax amnesty terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Preferensi risiko memperkuat hubungan pada kualitas pelayanan account representative terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

 

 

Kata Kunci : tax amnesty, kualitas pelayanan account representative, preferensi risiko, kepatuhan wajib pajak orang pribadi.



 

Referensi

Abdillah, W., & Hartono, J. (2014). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta. Andi.

Adiasa, N. (2013). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak  Dengan Moderating Preferensi Risiko. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Dewi, I. G., & Mimba, N. P. (2019). Pengaruh Reformasi Administrasi Perpajakan dan Tax Amnesty Pada Kepatuhan WPOP Dengan Preferensi Risiko Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Dewi, L. P., & Merkusiwati, N. K. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, E-Filling, dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Disnayanti, N. K., & Dewi, I. G. (2019). Moderasi Preferensi Risiko Pada Hubungan Kualitas Pelayanan Account Representative dan Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi ke 9. Semarang: BadanPenerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Harmawati, N. K., & Yadnyana, I. K. (2016). Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Ketegasan Sanksi Pajak Dan Pemeriksaan Pajak Pada Kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 Dengan Tingkat Pendidikan Sebagai Pemoderasi (Studi Empiris pada Dinas Pendapatan Kebupaten Jembrana). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Mareti, E. D., & Dwimulyani, S. (2019). Pengaruh Pemahanan Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuahn Wajib Pajak Dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderasi. Jakarta: Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti.

Nandi, N. B. (2010). Analisis Pengaruh Pelayanan, Konsultasi, dan Pengawasan Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Tangerang dan Serpong). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nurkarim. (2017). Persumptive Taxation Scheme : Dampaknya Terhadap Beban dan Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak Pada UMKM di Bandar Lampung. Bandar Lampung : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Perdana, K. W. (2018). Studi Pemisahan Tugas Dan Fungsi Account Representative (Ar) Pengawasan Dan Konsultasi Dalam Pencapaian Target Penerimaan Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Putra, I. N., & Aryani, N. K. (2018). Pengaruh Tax Amnesty dan E-filling pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kabupaten Badung. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Resmi, S. (2019). Perpajakan Teori dan Kasus, Edisi 11, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarPLS 3.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Solimun, D. I., & Fernandes, D. A. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alpha Beta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D) Edisi ketiga. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Wirdayana, I. B., & Merkusiwati, N. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Biaya Kepatuhan Pajak dan E-Filling Pada Kepatuhan Wajib Pajak Non PNS. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.