Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan: Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2015-2019

Anjerri Anjerri

Abstract


Sementara bisnis bertumbuh oleh karena keuntungan yang dihasilkan, dunia pada masa ini juga menyadari bahwa aktivitas sosial yang dilakukan perusahaan agar dapat diterima dan berelasi dengan baik dengan pemangku kepentingan juga terus diperhitungkan. Tibalah pada sebuah pemikiran akan pengaruh aktivitas sosial ini yang biasa dikenal dengan Tanggung Jawab Sosial, terhadap nilai perusahaan. maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tersebut, dengan menggunakan data 5 tahun yaitu 2015 hingga 2019 diharapkan dapat menyajikan penelitian yang lebih baik. Dari hasil penelitian, Tanggung Jawab Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dimana kenaikan aktivitas Tanggung Jawab Sosial menyebabkan kenaikan nilai perusahaan.

 

Daftar Pustaka 

Abrahamson, E. & Park, C. (1994). Concealment of negative organizational outcomes: an agency theory perspective. Academy of Management Journal, 37(5), 1303-1334.


Bansal, P., and Roth, K. (2000). Why companies go green: a model of ecological responsiveness. Academy of Management Journal, 43(4), 717-736.


Barnea, A., & Rubin, A. (2010). Corporate Social Responsibility as a Conflict Between Shareholders. Journal of Business Ethics, 97(1), 71-86. doi:10.1007/s10551-010-0496-z.


Dowling, J. & Pfeffer, J. (1975). Organizational legitimacy: social values and organizational behavior. Pacific Sociological Review. 18(1), 122-136.


Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Massachusetts: Pitman.


Freeman, R. E., & Reed, D. L. (1983). Stockholders and stakeholders: A new perspective on corporate governance. California Management Review, 25(3), 93-94.


Friedman, M. A. (1970). Theoretical framework for monetary analysis. Journal of Political Economy, 78, 193–238.


Lindblom, C. K. (1993). The Implications of Organizational Legitimacy for Corporate Social Performance and Disclosure. Paper presented to the Critical Perspectives on Accounting Conference, New York, April.


Maignan, I. & Ferrell, O.C. (2001). Antecedents and benefits of corporate citizenship: An investigation of French business. Journal of Bussiness Research, 51, 37–51.


Maurer, J.G. (1971). Readings in Organizational Theory: Open System Approaches, Random House, New York, NY.


McWilliams, A., & Siegel, D. (2001). Corporate social responsibility: A theory of the firm perspective. The Academy of Management Review, 26(1), 117–127.


Onasis, K., & Robin. (2016). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI. Bina Ekonomi, 20(1), 1–22.

Parsons, T. (1960). Structure and Process in Modern Societies, New York: Free Press.


Suchman, M. C. (1995). Managing Legitimacy: Strategic and Institutional Approaches. The Academy of Management Review, 20(3), 571-610.


Thompson, J. K., Wartick, S. L., & Smith, H. L. (1991). Integrating corporate social performance and stakeholder management: Implications for a research agenda in small business. Research in Corporate Social Performance and Policy, 12, 207-230.


N. Brenner & S. A. Waddock (Eds), Proceedings of the Third Annual Meeting of the International Association for Business and Society. Leuven, Belgium, 121-128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]