Pengaruh Pajak, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

Yongki Vero Halim

Abstract


     Praktik transfer pricing yang dilakukan dengan tidak berdasarkan pada prinsip kewajaran dan kelaziman akan memberikan banyak dampak negatif. Dampak negatif terutama akan terjadi pada aspek perpajakan dikarenakan negara akan mengalami kerugian yang diakibatkan adanya penghindaran pajak yang dilakukan wajib pajak melalui praktik transfer pricing. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan transfer pricing. Penelitian ini akan menguji dan mengetahui pengaruh pajak, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan mekanisme bonus terhadap keputusan perusahaan dalam melakukan transfer pricing.      

     Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalag perusahaan manufaktur sektor industry dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Pemilihan sample dilakukan dengan mengunakan purposive sampling sehingga memperoleh 44 sample yang kemudian diuji dengan menggunakan alat uji regresi liniear berganda dengan SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa ukuran perusahaan dan mekanisme bonus dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,000325 dan 0,01berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Sedangkan pajak, profitabilitas, dan leverage tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan dalam melakukan transfer pricing.

Kata kunci: Pajak, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Mekanisme Bonus, Transfer pricing.

 

DAFTAR PUSTAKA

Agustina, N. A. 2019. Pengaruh Pajak, Multinasionalitas, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer pricing. Jurnal Seminar Nasional Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.

Anisyah, F. 2018. Pengaruh Beban Pajak, Intangible Asset, Profitabilitas, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer pricing. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1 (1), 1-14.

Apriyanti, H. W., Permatasar, D., Fuad, K. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Kebijakan Metode Transfer pricing Dalam Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi Indonesia, 9 (1), 19-36.

Azzura, C. S., Pratama, A. 2019. Influence Of Taxes, Exchange Rate, Profitability And Tunneling Incentive On Company Decision Of Transferring Pricing. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia, 2 (1), 123-131.

Bisnis.com. (2019, 03 Januari). Retrived form Emiten Industri Dasar Masih Menarik pada 2019, Ini rekomendasinya: https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20190103/7/874959/emiten-industri-dasar-masih-menarik-pada-2019-ini-rekomendasinya.

Cahyadi, A. S., Noviari, N. 2018. Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, dan Leverage pada Keputusan Melakukan Transfer pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana,  4 (2), 1441-1473.

CNBC Indonesia. (2020, 02 Januari). Retrived form BEI Buka Hari INI, Indeks Paling Cuan Tahun 2019 Adalah: https://www.cnbcindonesia.com/market/20200101150452-17-126922/bei-buka-hari-ini-indeks-paling-cuan -tahun-2019-adalah

Conover, T. L., Nichols, N. B. 2000. A Further Examination of Income Shifting Trough Transfer pricing Considering Firm Size and/or Distress. The International Journal of Accounting, 35 (2), 189-211.

Dwi, N. F., Mayowan, Y., Karjo, S. 2016. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Good Corporate Governance Terhadap Indikasi Melakukan Transfer pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi pada Bursa Efek Indonesia yang Berkaitan Dengan Perusahaan Asing). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8 (1), 1-9.

Ghozali, I (2016) Aplikasi Analsisi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP PRESS.

Haris, F. 2016. Pengaruh Perpajakan, Kepemilikan Asing, ukuran Perusahaan, Afiliasi Group Terhadap Transfer pricing pada Perusahaan yang Terdaftar Di BEI 2012-2014. Universitas Trisakti, Indonesia

Hartati, W., Azlina, D. 2014. Analisis Pengaruh Pajak dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer pricing (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia). SNA 17 Mataram. Universitas Mataram, Indonesia.

Healy, P. M. 1985. The Effect of Bonus Schemes on Accounting Decisions. Journal of Accounting and Economics, 7, 1-27.

Herawaty, V., Anne. 2017. Pengaruh Tarif Pajak Penghasilan, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Terhadap Pergeseran Laba Dalam Melakukan Transfer pricing Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 4 (2), 141-156.

Indriantoro, N., dan Supomo, B. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen Edisi Pertama Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Jacob, J. 1996. Taxes and Transfer pricing: Income Shifting and the Volume of Intrafirm Trasfers. Journal Of Accounting Research, 34 (2), 301-312.

Jafri, H. E., Mustikasari, E. 2018. Pengaruh Perencanaan Pajak, Tunneling Incentive, dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Jurnal Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 3 (2), 63-77.

Januarti, I. 2004. Pendekatan dan Kritik Teori Akuntansi Positif. Jurnal Akuntansi dan Auditing, 1 (1), 83-94.

Jensen, M. C., Meckling, W. H. 1976. Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure. Journal Of Financial Economics 3, 305-360.

Jumaidi, L. T., Bambang, Hudaya, R. 2017. Analisis Pajak, Tunneling Incentive, Gross Margin, dan KAP Spesialis Terhadap Keputusan Untuk Melakukan Transfer pricing. Jurnal Akademi Akuntansi, 1 (2), 1-21.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan Edisi Satu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khotimah, S. K. 2018. Pengaruh Beban pajak, Tunneling Incentive, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Dalam Melakukan Transfer pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurna ekobis Dewantara, 1 (12), 125-138.

Kiswanto, N., Purwaningsih, A. 2014. Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer pricing pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2010-2013. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Atmajaya: Yogyakarta.

Klikpajak.id. (2020, 28 juni) Retrieved From 5 Metode Penentuan transfer pricing Yang Wajar: https://klikpajak.id/blog/berita-regulasi/metode-tansfer-pricing-pajak-wajar/

Laily, E. 2009. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Agency Cost pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Busa Efek Indonesia Periode 2004 – 2008. Yogyakarta.

Mangoting, Y. 2000. Aspek Perpajak Dalam Praktek Transfer pricing. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2 (1), 69-82.

McColgan, P. 2001. Agency Theory and Corporate Governance: A Review of the Literature From a UK Perspective. University of Strstchlyde UK.

Melmusi, Z. 2016. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan Terhadap Trasfer Pricing Pada Perusahaan yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 5 (2), 1-12.

Merchant, K. A., Van der Stede, W. A. 2014. Management Control Systems Performance Measurement, Evaluation, and Incentives. England: Pearson.

Mispiyanti. 2015. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer pricing. Jurnal Akuntansi & Investasi, 16 (1), 62-73

Ozkan, A. 2001. Determinants of Capital Structure and Adjustment to Long Run Target: Evidence from UK Company Panel Data. Journal of Business Finance & Accounting, 28 (1), 175-193.

Panjalusman, P. A., Nugraha, E., Setiawan, A. 2018. Pengaruh Transfer pricing Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, 6 (2), 105-114.

Purwanto, G. M., Tumewu, J. 2018. Prngaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer pricing Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 16 (1), 47-56

Rahayu, T. T., Masitoh, E., Wijayanti, A. 2020. Pengaruh Beban pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer pricing. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, 5 (1), 78-90.

Rachmat, R. A. H. 2019. Pajak, Mekanisme Bonus dan Transfer pricing. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, 7 (1), 21-30.

Refgia, T. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer pricing. JOM Fekon, 4 (1), 543-555.

Rego, S. O. 2003. Tax-Avoidance Activities of U.S. Multinational Corporations. Contemporary Accounting Research. 20 (4), 805-833.

Resmi, S. 2017. Perpajakan Teori & Kasus Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Rezky, M. A., Fachrizal. 2018. Pengaruh Mekanisme Bonus, ukuran Perusahaan, Leverage, dan Multinationality Terhadap keputusan Trasfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 3 (3), 401-415.

Richardson, G., Taylor, G., Lanis, R. 2013. Determinant of Transfer pricing Aggresiveness: Empirical Evidence From Australian Firms. Journal of Contemporary Accounting and Economics, 9 (2), 1-21.

Saifudin, L. S. P. 2018. Determinasi Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer pricing. AGREGAT: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2 (1), 32-43.

Saputra, A. A. 2020. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Pajak dan Kualitas KAP Terhadap Keputusan Transfer pricing (Studi empiris pada Perusahaan manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.

Saraswati, G. A. R. S., dan Sujana, I. K. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive pada Indikasi Melakukan Transfer pricing. E-JURNAL AKUNTANSI Universitas Udayana, 19 (2), 29.

Sari, E. P., Mubarok, A. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Pajak, dan Debt Convenant Terhadap Trasfer Pricing (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016). Jurnal Seminar Nasional I Universitas Pamulang, Indonesia.

Septiani, R. S. P., Ramadhanti, W., Sudibyo, Y. A. 2018. Some Factors That Affect Transfer pricing. Soedirman Accounting Review, 3 (1), 21-38.

Setijaningsih, H. T. 2012. Toeri Akuntansi Positif dan Konsekuensi Ekonomi. Jurnal akuntansi, 16 (3), 427-438.

Shodiq, J., Widjajanti, K., risdianti, E. 2017. Determinan Keputusan transfer pricing (Studi Pada perusahaan manufaktur yang Terdaftar Di BEI tahun 2011 S.D. 2014). Jurnal Riset ekonomi dan Bisnis, 10 (2), 85-105.

Suandi, E. 2008. Perencanaan Pajak, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Sukma, S. A. 2018. Pengaruh Tarif Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Kepemilikan Asing Terhadap Transfer pricing. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1 (1), 1-15.

Suryaningrum, E. 2020. Pengaruh Pajak, Debt Convenant, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Keputusan Transfer pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Universitas Tanjungpura, Indonesia.      

Swenson, D. L. 2000. Tax Reforms and Evidence of Transfer pricing. National Tax Journal, 4 (1), 1-29

Tantianingsih, Y. 2020. Pengaruh Leverage, Capital Intensity, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangn yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018 ). Universitas Tanjungpura, Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Wafiroh, N. L., Hapsari, N. N. 2015. Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer pricing. Jurnal El-Muhasaba, 6 (2), 157-168.

Wardani, P. K. (2018). Pengaruh Pajak, Leverage, dan Mekanisme Bonus Terhadap  Keputusan  Trasfer  Pricing. Jurnal  Ilmu  dan  Riset  Akuntansi, 7 (11), 1-19.

Warsidi.com. (2016). Retrieved from Definisi Pihak Berelasa Berdasarkan PSAK: https://www.warsidi.com/2016/04/definisi-pihak-pihak-berelasi-PSAK7.html

Watts, R. L., Zimmerman, J. L. 1990. Possitive Accounting Theory: A Ten Year Perspective. The Accounting Review, 65 (1), 131-156.

Wild, J, J. 2008. Financial Statement Analysis. Mc Graw Hill: New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.