ANALISA ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT MARTINA BERTO Tbk

Ika Nur Azmi B41108074

Abstract


Economic Value Added (EVA) merupakan ukuran nilai tambah yang dihasilkan oleh perusahaan sebagai akibat dari aktivitas atau strategi manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan kosmetik dengan menggunakan metode EVA, untuk mengetahui perbandingan kinerja perusahaan kosmetik dengan menggunakan metode EVA dan metode tradisional, untuk mengetahui hubungan EVA dengan harga saham, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi nilai EVA. Dimana objek yang diteliti adalah perusahaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu, PT. Martina Berto, Tbk dengan periode analisis dari tahun 2011-2012.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengkaji dan menguraikan secara logis masalah yang telah dirumuskan berdasarkan data yang diperoleh dan dengan teori yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumenter, studi kepustakaan, dan browsing. Sedangkan untuk menganalisis data, selain dengan cara analisa deskriptif juga dilakukan dengan cara analisa kuantitatif, yaitu mengolah data dengan kaidah-kaidah matematik terhadap data angka atau numerik.

Hasil analisa menunjukkan bahwa pada PT. Martina Berto, Tbk memiliki nilai EVA yang positif selama tahun analisis. Hal ini berarti perusahaan mampu memberikan nilai tambah bagi para investor maupun pemegang saham. Berdasarkan perhitungan nilai EVA dan metode tradisional, menunjukkan bahwa nilai EVA dan metode tradisional sama-sama memberikan keuntungan bagi perusahaan. Faktor yang dapat mempengaruhi besarnya nilai EVA adalah faktor eksternal perusahaan, yaitu berupa fluktuasi dari variabel-variabel yang merupakan komponen dari biaya modal, seperti tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Faktor eksternal ini cenderung lebih dominan dalam menentukan besarnya nilai EVA.

Kata kunci : Economic Value Added (EVA), pengukuran kinerja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.