Analisis Penerapan PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba Pada Yayasan Dian Tama

Winni B1031161045 Tamara

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menilai penerapan PSAK No. 45 pada penyajian laporan keuangan Yayasan Dian Tama serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi Yayasan Dian Tama dalam menerapkan PSAK Nomor 45 tersebut.

Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan laporan keuangan Yayasan Dian Tama terdiri atas laporan posisi keuangan, laporan aktivitas dan saldo dana, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Dari dua belas paragraf dalam PSAK No. 45 yang digunakan untuk menilai penerapan PSAK No. 45 pada penyajian laporan keuangan Yayasan Dian Tama, hanya ada satu paragraf yang belum sesuai dengan penyajian laporan keuangan Yayasan Dian Tama yaitu paragraf 13. Ketidaksesuaian terletak pada belum diklasifikasikannya aset ke dalam aset lancar dan aset tidak lancar, sama halnya dengan kewajiban yang belum dikelompokkan ke dalam kewajiban jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, pada catatan atas laporan keuangan juga belum dijelaskan informasi likuiditas aset dan saat jatuh tempo kewajiban. Dalam menerapkan PSAK No. 45 pada pelaporan keuangannya, Yayasan Dian Tama tidak mengalami kendala apapun. Dari hal-hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa PSAK No. 45 telah diterapkan dalam penyajian laporan keuangan Yayasan Dian Tama.

Kata Kunci : Entitas Nirlaba, Laporan Keuangan, PSAK No. 45

Daftar Pustaka

Adri, R. S. (2012). Akuntansi Keuangan Versi IFRS+. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Atufah, I. D., Yuliarti, N. C., & Puspitasari, D. (2018). Penerapan PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Khairiyah. International Journal of Social Science and Business , 2(3) , 115-123. Diambil kembali dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Bahri, S. (2016). Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS. Yogyakarta: Andi.

Darminto, D. P. (2011). Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Habel, Albertus. (2017). Analisis Penerapan PSAK No. 45 Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba Pada SMA Karya Kasih Sanggau (Skripsi), Universitas Tanjungpura.

Harahap, S. S. (2008). Teori Akuntansi Edisi Revisi 10. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hery. (2015). Pengantar Akuntansi Comprehensive Edition. Jakarta: Grasindo.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2019. Jakarta : Ikatan Akuntansi Indonesia.

Janis, R. S., & Budiarso, N. S. (2017). Analisis Penerapan PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba Pada Jemaat GMIST Pniel Biau Kab, Kep. Sitaro. Jurnal Accountability , 6(1), 103-111. Diambil kembali dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/accountability/article/view/16032/15537

Jusup, A. H. (2011). Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Kartikahadi, H., Sinaga, R. U., Syamsul, M., & Siregar, S. V. (2012). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Martani, D., Siregar, S. V., Wardhani, R., Farahmita, A., & Tanujaya, E. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Novitasari, C. D., Yulinartati, & Puspitasari, D. (2018). Penerapan PSAK No. 45 Pada Laporan Keuangan Lembaga Masjid. International Journal of Social Science and Business , 2(4), 197-202. Diambil kembali dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Pratama, Ardian. (2017). Analisis Penerapan PSAK Nomor 45 Tentang Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba Bagi Masjid Al-Muhtadin Universitas Tanjungpura (Skripsi), Universitas Tanjungpura.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. (2009). Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: PT Indeks.

Syahfitri, D. I., & Ulandari, V. (2019). Analisis Laporan Keuangan Masjid Berdasarkan PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Studi Kasus di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia , 4(1), 45-50. Diambil kembali dari http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jebi/article/view/276

Widiyanto, D. A., & Ardiyanto, F. (2019). Evaluasi Penerapan PSAK No. 45 Pada Yayasan Kitabisa, ICW & Rumah Zakat. Jurnal Online Insan Akuntan , 4(1), 11-28. Diambil kembali dari http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/1108



Refbacks

  • There are currently no refbacks.