EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi Kasus: SMK Negeri 4 Pontianak)

Wandi B41112121

Abstract


 

ABSTRAK

 

Tujuan dari  penelitian  ini  adalah untuk  mengetahui  apakah  Sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang ada telah cukup memberikan perlindungan terhadap pengeluaran kas pada dana BOS, Sistem pengendalian intern pengeluaran kas yang diterapkan sudah berjalan efektif.  Sumber data penelitian yang digunakan adalah Data Primer  berupa  penyebaran  kuisioner terhadap  bendahara bos dan wakil kepala sekolah pada  SMK Negeri 4 Pontianak. Kemudian    melakukan  pengolahan  data  dengan  menguraikan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan pelaporan evaluasi system pengendalian intern penyaluran dana BOS di SMK Negeri 4 Pontianak.Hasil  penelitian  menunjukkan sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang ada telah cukup memberikan perlindungan terhadap pengeluaran kas pada dana BOS. Meskipun otorasi bukti buku kas keluar setelah semua barang telah dibeli, pengeluaran kas jika berlebihan dapat diteksi sejak dini sehingga dapat mengurasi resiko yang tidak diinginkan yang tercantum dalam RAPBS. Sistem pengendalian intern pengeluaran kas yang diterapkan sudah berjalan efektif. Karena pada buku kas keluar sudah tercetak nomor urut Hal ini untuk mencegah terjadinya buku dokumen dari buku kas yang keluar dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, Dana BOS

 

Daftar Pustaka

Agoes, Sukrisno. (2004).Auditing (PemeriksaanAkuntan ) oleh Kantor Akuntan Publik. Edisi Ketiga. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.

Agoes, Sukrisno. (2012).Auditing (Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Kantor AkuntanPublik). Edisi Keempat. Jakarta: SalembaEmpat.

ALFatah,Hanif.(2007).Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan Berssaing Perusahaan danOrganisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset. 

Arikunto, Suharsimi. (2010). ProsedurPenelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Baridwan,Zaki.(2008).Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedurdan Metode. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Bonnie Soeherman& Marion Pinontoaan (2008) Designing Informasion System. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Crawford, John. (2000. Ed. 2.Evaluation of Libraries and Information Services.London: Aslib, the Association for Information Management and Information Management International.

Departemen PendidikanNasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia PusatBahasa.Jakarta: GramediaPustakaUtama.

Departemen PendidikanNasional(2014). Buku Panduan Bos, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Departemen  Pendidikan Nasional (2014). Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah 2009, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Destina, Sari. (2015). Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Atas Prosedur Penerimaan & Pengeluaran Dana Bantuan OperasionalSekolah (Bos) Pada Sekolah Menengah PertamaNegeri 2 Andong Boyolali. Skripsi: Prodi Akuntansi FE UNIBA Surakarta.

Dimyati&Mudjiono.(2006). Belajardan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Dunn, William N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. (alihbahasa: SamodraWibawa, dkk). Yogyakarta: GadjahMada University Press.

Dunn, William N.(2003). PengantarAnalisisKebijakanPublik.Yogyakarta: GadjahMadaUniversity Press.

Effendy. (2007). Sistem Pengendalian Intern.Yogyakarta: BPFE

Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura.(2017). Buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi Program Sarjana. Pontianak.

Gede Andreyan Semara, IyusAkhmad, Made Artana3. (2014), Efektivitias Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar di KecamatanSukasada, Jurnal Volume 4 No 1, UniversitasPendidikanGanesha, Singaraja. http://journal.undiksha.ac.id/download/24-4118-1-SM.Pdf

Griffin,Patrick & Nix, Peter.(2011). Educational assessment reporting. Sydney: Harcourt Brace Jovanovich.

Hery. (2013).Auditing ( PemeriksaanAkuntansi 1 ) Jakarta: CAPS ( Center Of Academic Publishing Service).

Kaswandi.(2015). Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD Negeri 027 Tarakan. Jurnal  Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Januari 2015; 66-74 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615

Lababa, Djunaidi. (2008). Evaluasi Program: Sebuah Pengantar.Jakarta

Mahatmyo, Atyanto. (2014). Sistem Informasi Akuntansi Suatu Pengantar Cetakan 1 Edisi 1. Yogyakarta: Deeppublish.

Mahmudi.(2011). Akuntansi Sektor Publik.Yogyakarta: Penerbit UII Press.

Mulyadi. (2008).Sistem Akuntasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2013). Sistem Akuntasi. Yogyakarta: Salemba Empat.

Nawawi, H. Hadari. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Peraturan Mendiknas nomor 69 Tahun 2009 Tentang Standar Biaya Operasi Nonpersonalia Tahun 2009 Untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, SDLB, SMPLB, dan SMALB.

Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentangPendanaanPendidikan.

Umar, Husein. (2005). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


 

 

 


 

 

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.