Penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) pada Alfa Laundry di Kabupaten Sanggau

Galuh Puteri Mardatillah

Abstract


ABSTRAK

     Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan suatu format laporan keuangan sederhana yang berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah bagi pelaku UMKM. Selain itu juga, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang menjadi kendala pelaku UMKM belum mampu menerapkan pelaporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Objek dalam penelitian ini adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang jasa laundry, yaitu Alfa Laundry yang berada di Kabupaten Sanggau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi dokumentansi, dan juga studi kepustakaan. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa Alfa Laundry masih belum membuat laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Sedangkan faktor – faktor yang menjaid kendala UMKM ini belum menerapkan SAK EMKM adalah kurangnya pengetahuan pihak UMKM tentang akuntansi, ketidaktahuan tentang adanya SAK EMKM, beranggapan bahwa pelaporan keuangan yang sesuai standar hanya mampu dibuat oleh orang yang ahli, keberadaan pelaporan keuangan yang sesuai standar dianggap kurang mempengaruhi keputusan, serta kurangnya pengawasan dari pihak – pihak yang bersangkutan seperti pemerintah dan juga lembaga yang terkait.

 

Kata Kunci: SAK EMKM, Laporan Keuangan, UMKM, Alfa Laundry

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Anggawirya, E. 2016. Akuntansi 2. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.

Aryati, F. (2018). Analisis Penerapan Dan Pengelolaan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK-EMKM) Pada Bob Laundry Balai Karangan. Skripsi. Pontianak: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Badan Pusat Statistik. 2017. Pengelompokkan Usaha Mikro. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Darmawati, D & Nilawati, Y. J. (2018). Peran Perbankan dalm Mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Prosiding Seminar Cendekiawan (halaman 947-953). Universitas Trisakti.

Direktorat Jendral Pajak. (2017). Peraturan Pemerintah Pajak Penghasilan. Diakses dari https://www.pajak.go.id/id/85-peraturan-pemerintah-pajak-penghasilan-umkm-0

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura. (2016). Pedoman Penulisan Karya Akhir. Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers

Liha, D. (2019). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK-EMKM) Pada Usaha Mikro


Kecil Menengah (UMKM) Laundry Fresco. Skripsi. Pontianak: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Kusuma, I. C. & Lutfiany, V. (2018) Presepsi UMKM dalam Memahami SAK EMKM. Jurnal Akunida. Volume 2 (02), 1-14.

Madyantara, O. R. (2018). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah) Pada Akbar Laundry. Skripsi. Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Mustika, I. G. (2018). Implementasi SAK EMKM pada UMKM di Kota Pontianak. Prosiding Konferensi Akuntansi Khatulistiwa (halaman 118-127). Pontianak, Indonesia: Universitas Tanjungpura.

Ningtyas, J. D. A. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Riset & Jurnal Akuntansi. Politeknik GANESHA Medan.

Nurlaila. (2018). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) Pada Sukam Cipta Ceramic Dinoyo-Malang. Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Pewangi Laundry. (2108). Pengertian Usaha Laundry. Diakses dari http://www.pewangilaundry.co.id/pengertian-usaha-laundry.html

Purba, M. A. (2019). Analisis Penerapan SAK EMKM pada Penyusunan Laporan Keuangan UMKM di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang. Volume 3 (02), 55-63.

Rafiqa, F. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman dan Tingkat Kesiapan UMKM dalam Implementasi SAK EMKM dalam Pelaporan Keuangan di Kota Padang. Skripsi. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Raja, Oskar, dkk. (2010). Kiat Sukses Mendirikan dan Mengelola UMKM.        Jakarta: El Press

Riahi-Belkaoui, A. (2006). Accounting Theory. Jakarta: Salemba Empat.

SAK EMKM. (2016). Exposure Draft Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kcil, dan Menengah, (September).

Silvia, B. & Azmi, F. (2019) Analisis Faktor – faktor yang Mempengaruhi Presepsi Pengusaha UMKM Terhadap Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi. Volume 17 (01), 57-73.

Shonhadji, N. dkk. (2017). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usah Kecil Menengah Berdasarkan SAK EMKM Di Surabaya. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENIAS). Universitas Islam Mandura.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R dan D.  Bandung: CV Alfabeta.

Susilawati, D. 2017. Faktor – faktor yang mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. JAA. Volume 2 Nomor 1.

Suwardjono. (2008). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPEE.

Tatik. (2018). Implementasi SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah) Pada Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM XYZ Yogyakarta). Jurnal Relasi, Volume XIV (02), 1-14.

Undang – undang Republik Indonesia.. (2008). Undang-undang No. 20 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah.

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.