PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar DiBursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

DESI B1031161042

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganlisis pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas terhadap pengungkapan sustainability report pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Variabel independemn yang digunakan pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas. Variabel dependen yang digunakan adalah pengungkapan Sustainability Report. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pada perusahaan pertambangan yang terdaftar dibursa efek Indonesia. Sampel yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Data populasi yang diperoleh sebanyal 18 perusahaan. Tehnik analisis yang digunaka adalah regresi linier berganda, menggunakan program SPSS dengan uji simultan (uji F), dan uji Parsial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report.  Sedangkan secara simultan ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report.

 

Kata Kunci: ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas dan pengungkapan sustainability report

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Adimulya Nurrahman, dan Sudarno. (2013). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dan Kepemilikan Asing Terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report. Vol. 2. No. 1 .Diponegoro Journal Of Accounting.

Adhipradana, Fadhila dan Daljono. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, dan Corporate Governance terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 3 No. 1. Hal 1-12. ISSN: 2337-3806.

Almilia, dan Luciana Spica. (2009). Analisa Kualitas isi Financial and Sustainability Reporting pada Website Perusahaan Go Public di Indonesia. dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta. 5 Agustus 2012.

Anggraini, Fr. Reni Retno. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang.

Anke, Fri Medistya. (2009). Analisis Penerapan SR Berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI) pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2012.

Azwir Nasir, Elfi Ilham Dan Vadela Irna Utara. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sustainability Report Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar. Vol. 22.  No. 1. Jurnal Ekonomi.

Chariri, Anis dan Imam Ghozali. (2008). Teori Akuntansi. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Dilling. (2009). Sustainability Reporting In. A Global Context: What Are The Characteristic Of Corporation That Provide High Quality Sustainability Reports- An Empirical Analysis. dalam International Business & Economics Research Journal. Vol. 9. No. 1. New York Institute of Technology. Canada.

Fadhila Adhipradana Daljono. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Dan Coporate Governance Terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Diponegoro Journal Of Accounting. Vol. 3. No. 1. Hal. 2-12.

Ferrero, Jennifer Martinez, Isabel M and Beatriz Cuadrado Ballesteros. (2015). Effect of Financial Reporting on Sustainability Information Disclosure. University of Salamnca. Spain.

Fitriani, Dewi Et Al. (2014). Pengaruh Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan Dengan Kualitas Audit Sebagai Pemoderasi. Jurnal Dinamika Akuntansi. Vol. 6. No. 2.

Global Reporting initiatives (GRI). (2011). Sustainability Reporting Guidelines Amsterdam.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariat dengan program IBM SPSS 20. Cetakan VI. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Handre Dionom,Tri Jatmiko, dan Wahyu Prabowo. (2017). Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Profitalbilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Sustainability Report. Vol. 6. No. 3. Diponegoro Journal Of Accounting.

Idah. (2013). Corporate Governance dan Karakteristik Perusahan Dalam Pengungkapan Sustainability Report. Accounting Analysis Journal. Vol. 2 no. 3.

Ilham Nuryana Fatchan, dan Rina Trisnawati. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance Pada Hubungan Antara Sustainability Report Dan Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Go Public Di Indonesia Periode 2014-2015).  riset akuntansi dan keuangan indonesia. 1.

Josua Tarigan dan Hatane Semuel. (2014). Pengungkapan Sustainability Report dan Kinerja Keuangan. Vol. 16. No. 2. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

K. Baba Adiatmadan, dan I Ketut Suryanawa. (2018). Pengaruh Tipe Industri, Kepemilikan Saham Pemerintah, Profitabilitas Terhadap Sustainability Report. Vol. 25. 2. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Mega Putri Yustia Sari, Marsono (2013).Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan Dan Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Vol.2. No.3. Diponegoro Journal Of Accounting.

Nurrahman, Adimulya dan Sudarno. (2013). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilian Institusional, dan Kepemilikan Asing Terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report.  Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dipenogoro Semarang. Vol 2. No. 1. Hal 1-14.

Nasir, Azwir, Elfi Ilham, dan Vadela Irma. (2012). Pengaruh Karateristik Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Pengungapan Sustainability Report Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar. Jurnal Ekonomi. vol. 22. no. 1.

Parila. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sustainability Report (Studi Empiris Perusahaan Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia Periode 2016-2017). Skripsi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Pradipta, Dyah Hayu, dan Supriyadi. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak. Simposium Nasional Akuntansi.

Prastowo, dan Dwi. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UUP STIM YKPN.

Pujiastuti. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Good Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Sustainability Report. Vol 2 No. 1. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis.

Rimah Afsari,I Gusti Ayu Purnamawati, dan Made Aristia Prayudi. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Komite Audit Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Luas Pengungkapan Sustainability Report (Studi Empiris Perusahaan Yang Mengikuti Isra Periode 2013-2015 vol. 8  no.  2. E-Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha.

Safitri. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Sembiring, E. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, Shanie, Kusmuriyanto dan Linda Agustina. (2014). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Return on Asset terhadap Kualitas Laba. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Bisnis. Vol. 3. No. 1:
26-33.

Widianto, Hari Suryono. (2011). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Aktivitas, Ukuran Perusahaan, Dan Corporate Governance Terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report. Skripsi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro Semarang.

 

Website:

www.idx.co.id

http://sra.ncsr-id.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.