ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ANGGARAN DAN AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SIMAKDA) DALAM PENYUSUNAN APBD TAHUN ANGGARAN 2020 PADA PEMERINTAH KOTA PONTIANAK

desy agustiana

Abstract


Sistem Informasi Manajemen Anggaran dan Akuntansi Keuangan Daerah (SIMAKDA) dirancang dengan memanfaatkan sistem informasi dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah sesuai dengan kaidah undang-undang dan peraturan yang berlaku. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peranan, SIMAKDA dalam APBD Tahun Anggaran 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan SIMAKDA dalam penyusunan APBD 2020 pada Kota Pontianak memberikan peranan yang sangat penting dalam penyusunan APBD 2020. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja SIMAKDA.

Kata Kunci: Keuangan Daerah, APBD, SIMAKDA

Referensi

 

Baridwan, Zaki. (1993). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hidayat. (1986). Teori Efektivitas dalam Kinerja Karyawan. Yogyakarta: gajah Mada University Press.

Jogiyanto, H. M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Komponen dalam Analisis Data (Interactive Model). (2001). Diperoleh September 2019, diakses dari website: https://www.researchgate.net/figure/Huberman-and-Miles-model-of-qualitative-data-management_fig1_2374368

Kusufi, Muhammad Syam dan Halim, Abdul. (2012). Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Mahmudi. (2010). Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Margianti, E. S., & Suryadi, D. (1994). Seri Diktat Kuliah : Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Gunadarma.

Nordiawan, Deddi, dkk. (2012). Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat.

Nugraha, Harmadhani Adi dan Astuti, Yuli Widi. (2013). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA Keuangan) dalam Pengelolaan Data Keuangan pada Organisasi Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk). Universitas Negeri Malang, Indonesia.

O’Brien, J. A. (2005). Pengantar Sistem Informasi Akuntansi : Perspektif Bisnis dan Manajerial, Terjemahan. Edisi ke 12. Jakarta: Salemba Empat.

Oktrina, Kristin. (2017). Analisis Sistem Informasi Pembayaran Pajak PBB pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak. Universitas Tanjungpura, Indonesia.

Puspitawati, Lilis dan Anggadini, Sri Dewi. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Romney, M. B. & Steinbart, P. J. (2014). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 13). USA: Prentice Hall.

Satzinger, Jackson, & Burd. (2010). System Analysis and Design with the Unified Process. USA: Course Technology, Cengage Learning.

Sistem. (n.d.). Diperoleh September 2019, diakses dari Wikipedia Bahasa Indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem#Elemen_dalam_Sistem

Sistem Informasi Manajemen Anggaran dan Akuntansi Keuangan Daerah. (2019). Diperoleh September 2019, diakses dari website PT. Murfa Surya Mahardika: http://www.msmgroup.co.id/produk347-SIMAKDA.html

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanto, A. (2007). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: T. Lingga Jaya

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI

Teesen, Lifia, dkk. (2015). Analisis Sistem Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Selatan). Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia.

Triana, R. A. (2016). Analisis Sistem Informasi Manajemen Anggaran dan Akuntansi Keuangan Daerah (SIMAKDA) pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Sleman. Universitas Gajah Mada, Indonesia.

UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara

UU No. 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020

UU No. 74 Tahun 2016 tentang Penyelenggaran Sistem Informasi Keuangan Daerah.

UU No. 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Widiyanto, J., & Syaifullah. (2014). Studi Kelayakan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Poltekes Kemenkes Riau dengan menggunakan Metode Kelayakan Telos. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Indonesia.

Widjaja, HAW. (2000). Otonomi Daerah dan Daerah Otonomi. Jakarta: PT raja Grafindo Persada.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]