PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, PENGETAHUAN PERPAJAKAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PBB YANG MEMILIKI IMB DAN TIDAK MEMILIKI IMB (STUDI KASUS DI KOTA PONTIANAK)

Arie Pradina Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan, pengetahuan perpajakan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan membayar PBB yang memiliki IMB dan tidak memiliki IMB di Kota Pontianak secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari para responden langsung dengan kuesioner dan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 70 Wajib Pajak yang memiliki IMB dan 70 responden wajib pajak yang tidak memiliki IMB. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa secara parsial tingkat pendapatan, pengetahuan perpajakan, dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar PBB yang memiliki IMB dan hasil tersebut juga menunjukkan bahwa secara parsial tingkat pendapatan, sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar PBB yang tidak memiliki IMB dan pengetahuan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan membayar PBB yang tidak memiliki IMB.

Kata Kunci : Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Perpajakan, dan Sanksi Pajak, Kepatuhan Membayar PBB yang Memiliki IMB dan Tidak Memiliki IMB.

REFERENSI

Arief, Rachman. (2009). Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Serta Kepatuhan Wajib    

Pajak PBB Terhadap Keberhasilan Penerimaan PBB di Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep. Jurnal FE. Universitas Trunojoyo Madura.

Bhudiartama, I Gede Prayuda dan I Ketut Jati. (2016). Pengaruh Sikap, Kesadaran

Wajib Pajak, dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar PBB di Kecamatan Pamulang Kota Denpasar. Universitas Udayana Bali. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.15 . 2016.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hair, Joseph F., et al. (2010).  Multivariate Data Analysis, 7th Edition. New York: Prentice Hall International, Inc

Jati, I. G. (2016). Pengaruh sikap, kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan pada kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1510-1535.

Jatmiko, A. N. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi

Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Tterhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Wajib Pajak Pribadi di Kota Semarang).

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2019). http://kbbi.web.id/patuh, diakses pada

            tanggal 06 Oktober 2019.

Khoiroh, N. (2017). Pengaruh Sanksi, Sosialisasi, dan Pendapatan Wajib Pajak     

Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Gandari, Skripsi,  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Kusumawati (2006) Analisis Perilaku Wajib Pajak Terhadap Pelaksanaan Self Assessment System: Suatu Studi di Bangkalan. JAAI.

Kusumawardani, Lia dan Lisman Manurung (2013). Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat dalam Implementasi Kebijakan IMB di Kota Depok. Universitas Indonesia.

Mardiana, Gede Anton, Made Arie Wayuni dan Nyoman Trisna Herawati. (2016).

Pengaruh Self Assesment, Tingkat Pengetahuan Perpajakan, Tingkat Pendapatan, Sanksi Pajak, Persepsi Wajib Pajak Tentang System  Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Membayar Pajak (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja). Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Vol.6 No.4. 2016.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan (EdisiRevisi 2011). Yogyakarta: Andi.

Meylita, Andrea dan TeguhErawati.(2017). Pengaruh kesadaran wajib pajak,

pengetahuan perpajakan,sanksi perpajakan, dan pelayanan fiscus terhadap kepatuhan wajib pajak membayar pajak bumi dan bangunan (Studiempiris DPPKAD Yogyakarta) .Jurnal akuntansi Universitas Sarjana wiyata Tamansiswa.

Noor, Juliansyah. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media

            Group

Noormala, Siti Sheikh Obid. (2008). Voluntary Compliance: tax education

preventive. International Confrence on Bu siness and Economy 6-8 November 2008 Constanta Romania. International Islamic University Malaysia.

Nurmantu,Safri. (2010). Pengantar Ilmu Perpajakan. Jakarta: Granit

Patmasari, Etken., Trimurti., & Suhendro. (2016). Pengaruh Pelayanan, Sanksi, Sistem Perpajakan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Tirtosuworo, Giriwoyo, Wonogiri. Seminar Nasional IENACO – 2016 ISSN: 2337 – 4349

Rahayu, S. K. (2010).Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Resmi, Siti. (2017).  Perpajakan teori & kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Setyowati, Yuni. (2017).Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, dan

kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Kalidengen, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo. Jurnal Profita Edisi 8 Tahun 2017. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sitio, Arifin dan Halomoan Tamba. Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta:

            Eirlangga,2001.

Soemitro, Rochmat. (2014). Asas dan Dasar Perpajakan. Bandung: RefikaAditama.

Stephen P, Robbins.(2015).Organizational Behaviour, Tenth Edition (Perilaku

            Organisasi Edisi ke Sepuluh). Jakarta :Salemba Empat.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif, R & D). Bandung: CV Alfabeta.Tim Konsultan Pajak Rusell Bedford SBR. 2017. Edisi 9. Sanksi Sanksi Perpajakan. Jakarta Selatan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

            Alfabeta

Tarjo, SawarjunoTjiptohadi. (2005). Kepercayaan Wajib Pajak Terhadap Fiskus,

Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Pentingnya Membayar Pajak, Rekayasa Akuntansi dan Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal. Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Volume 3 Nomor 2, Agustus.

Undang-Undang No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.